Ketidakmerataan Fasilitas Pendidikan Jadi Salah Satu Faktor Kesenjangan

 Ketidakmerataan Fasilitas Pendidikan Jadi Salah Satu Faktor Kesenjangan

FOTO: Anggota DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, Pardamean Gultom.

Kaltengnews,co.id, SAMPIT – Kalangan Legislator DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim)  menilai permasalahan pemerataan pendidikan di wilayah setempat, muncul dalam bentuk adanya kesenjangan dari aspek mutu pendidikan, kesempatan berkembang bagi peserta didik dan perbedaan sarana dan prasarana antara satu sekolah dengan sekolah lainnya. Demikian disampaikan oleh Anggota DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, Pardamean Gultom.

Menurut Dia, adanya muncul sekolah favorit dalam pendidikan dasar hingga menengah. Hal inilah yang kemudian menyebabkan harus adanya penyikapan dan antisipasi atas permasalahan tersebut, sehingga tujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dapat tercapai secara menyeluruh khususnya sekolah yang ada di Kabupaten Kotim ini.

“Kami berharap pemerintah daerah dalam hal ini dapat memikirkan agar mewujudkan pendidikan yang merata, baik yang tinggal di perkotaan atau di pedesaan. Pemerataan pendidikan perlu dilakukan, agar menghindari masalah kesenjangan dan juga peserta didik di desa bisa merasakan pendidikan yang sama dengan wilayah perkotaan,” ujar Dia, Selasa (21/03/2023).

Lanjut Dia, pemerataan pendidikan tentu saja bukan hanya kesamaan bahwa semua murid telah sama-sama memperoleh pendidikan, tetapi pemerataan pendidikan juga harus dimaknai dengan adanya standar nasional mengenai kualitas pendidikan, sarana dan prasarana pendidikan yang juga memadai.

“Selain itu juga ruang lingkup ketersediaan guru perlu juga dilakukan pemerataan, peralatan serta mutu belajar mengajar dan kemampuan siswa di setiap sekolah untuk menjadi yang terbaik dan memberikan hasil terbaik bagi kemajuan pendidikan di Kabupaten Kotim ini,” ujar Dia lagi.

Maka dari itu, Dia meminta kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Kotawaringin Timur agar dapat memperhatikan fasilitas rumah dinas guru, yang berada di wilayah pedesaan yang jauh dari perkotaan sehingga mereka mempunyai tempat tinggal yang layak, Sehingga mereka betah tinggal di tempat tugasnya. (TBK/YS)

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!