Jaga Kebersihan Lingkungan, Warga Kuala Kurun Usul Kendaraan Pengangkut Sampah

 Jaga Kebersihan Lingkungan, Warga Kuala Kurun Usul Kendaraan Pengangkut Sampah

FOTO : Ketua Komisi III DPRD Kalteng, Dra. Hj. Siti Nafsiah, M.Si., saat melaksanakan reses perseorangan di Dapil Kalteng I baru-baru ini.

 

Kaltengnews.co.id, PALANGKA RAYA – Kesadaran terhadap pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan rupanya tidak hanya menjadi fokus perhatian masyarakat di wilayah provinsi saja, melainkan juga di wilayah kabupaten Seperti halnya Kelurahan Kuala Kurun, Kecamatan Kurun, Kabupaten Gunung Mas, dimana masyarakat setempat mengusulkan agar bisa mendapatkan bantuan hibah berupa kendaraan roda tiga yang akan digunakan untuk mengangkut sampah.

Hal ini diutarakan oleh Ketua Komisi III DPRD Kalteng, Dra. Hj. Siti Nafsiah, M.Si., menyampaikan salah satu aspirasi atau usulan dari warga Kelurahan Kuala Kurun, Kecamatan Kurun, Kabupaten Gunung Mas yang ternyata sangat konsen menjaga kondisi kebersihan lingkungan di wilayah kelurahan setempat.

“Saya tentunya mengapresiasi dan sangat mendukung upaya dari warga kelurahan Kuala Kurun untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitarnya. Adanya usulan untuk meminta kendaraan roda tiga untuk mengangkut sampah, artinya masyarakat di Kelurahan Kuala Kurun memiliki suatu kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan di lingkungan sekitar,” ujarnya, saat dihubungi redaksi Kaltengnews.co.id, Sabtu (18/03/2023) siang.

Hj. Siti Nafsiah juga mengatakan usulan tersebut hendaknya dapat benar-benar diperhatikan dan ditindaklanjuti oleh pemerintah kabupaten (Pemkab) Gunung Mas melalui instansi dinas terkait, supaya dapat menindaklanjuti dengan memasukan ke dalam program pembangunan prioritas daerah.

Tidak hanya itu, aspirasi yang dianggap lebih penting lagi, yakni masyarakat meminta kepada pemerintah provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah supaya dapat sesegeranya menangani kerusakan jalan provinsi, tepatnya ruas jalan penghubung, Kuala Kurun – Palangka Raya yang saat ini mengalami kerusakan di sejumlah titik terparah, akibat adanya aktivitas angkutan yang melebihi kapasitas muatan.

Lanjutnya, kondisi demikian juga dinilai sangat urgen (mendesak, red) untuk segera ditanggapi dan ditangani, karena sangat berpengaruh pada kelancaran distribusi barang dan mobilitas penumpang. Hal ini juga berpengaruh pada perekonomian masyarakat setempat

“Besar harapan masyarakat, supaya Pemprov Kalimantan Tengah melalui instansi dinas terkaitnya dapat segera menertibkan, membantu memperbaiki kerusakan ruas jalan tersebut, karena mengingat jalan ini merupakan jalan provinsi yang melintasi Kota Palangka Raya – Pulang Pisau sebagian – Kuala Kurun,” ujarnya menambahkan.

Selain itu, ia juga menyampaikan aspirasi atau usulan masyarakat di Sektor Pendidikan. Dimana, masyarakat Kelurahan Kuala Kurun juga mengharapkam adanya bantuan hibah kepada lembaga pendidikan non formal.

“Yang mana, harapannya untuk tujuan membina masyarakat yang ingin memiliki keterampilan/life skill/vokasi untuk mempersiapkan diri dalam bekerja dan berusaha melalui program kursus komputer aplikasi perkantoran yang cukup diminati di Kabupaten Gunung Mas.” timpalnya.

Sedangkan untuk aspirasi lainnya, yakni masyarakat juga berharap agar pemerintah daerah dapat lebih memperhatikan sarana prasarana (Sapras) Peribadatan. Usulan ini datang pengurus Musholla yang meminta agar dapat diberikan hibah hewan Qurban Tahun 2023, serta adanya pembangunan tempat Wudhu dan Kamar Kecil (WC) di Mushola setempat.

Srikandi Fraksi Partai Golkar DPRD Kalteng ini juga berharap dari hasil reses perseorangan ini tidak hanya menjadi kegiatan formalitas saja. Melainkan, sejumlah aspirasi, usulan dan temuan tersebut, diharapkan juga dapat ditindaklanjuti oleh saudara Gubernur Kalimantan Tengah, dengan cara memasukan kedalam program prioritas pembangunan daerah.

“Sehingga, masyarakat Kalimantan Tengah juga dapat merasakan sentuhan pembangunan daerah secara adil dan merata. Untuk itu, program pembangunan daerah harus benar-benar dapat bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat dalam rangka mewujudkan Kalteng yang semakin berkah,” tandasnya. (YS)

 

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!