Irfansyah Beberkan Ketentuan Zonasi saat PPDB

 Irfansyah Beberkan Ketentuan Zonasi saat PPDB

KALTENGNEWS.co.id – SAMPIT – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) mengingatkan dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB) ada sistem zonasi, yang harus ditaati setiap sekolah khususnya yang ada di Kotim.

“Saat ini kita belum ada edaran baru terkait sistem PPDB, yang jelas kemungkinan masih sama seperti tahun sebelumnya, ada sistem zonasi, prestasi, kepindahan orangtua dan afirmasi,” kata Plt Kepala Disdik Kotim, Irfansyah, Selasa 4 April 2023.

Dijelaskannya, jalur zonasi diperuntukkan bagi peserta didik yang berdomisili di dalam wilayah zonasi yang ditetapkan Pemerintah Daerah. Domisili calon peserta didik berdasarkan alamat pada Kartu Keluarga yang diterbitkan paling singkat 1 tahun sebelum tanggal pendaftaran PPDB.

“Dalam hal calon peserta didik tidak memiliki Kartu Keluarga karena keadaan tertentu, maka dapat diganti dengan Surat Keterangan Domisili dari Rukun Tetangga atau Rukun Warga yang dilegalisir oleh Lurah/Kepala Desa atau pejabat setempat lain yang berwenang menerangkan bahwa peserta didik yang bersangkutan telah berdomisili paling singkat 1 tahun sejak diterbitkannya Surat Keterangan Domisili,” jelasnya.

Sementara itu Anggota DPRD Kotim yang membidangi masalah pendidikan SP Lumban Gaol mengatakan, pihaknya menghimbau kepada calon-calon siswa disekolah baru khususnya para orang tua siswa, agar tetap mengedepankan aturan-aturan yang dipersyaratkan.

“Jangan sampai memaksakan diri masuk ke sekolah-sekolah yang sudah benar-benar di luar dari pada zonasinya. Kita harus tetap yakin dan percaya terhadap sekolah-sekolah negeri yang terdekat dengan tempat tinggal kita,” ujarnya.

Karena kata Gaol, dengan demikian lah diharapkan nantinya adanya pemerataan daripada kualitas anak didik di setiap sekolah. Selain itu pihaknya juga sangat menganjurkan bila memungkinkan secara ekonomi agar mempercayakan anak-anak untuk sekolah di sekolah-sekolah swasta yang ada di Sampit.

“Karena sekolah-sekolah swasta juga sudah banyak yang terbukti mengeluarkan siswa dan siswi berprestasi, baik berprestasi ketika disekolah maupun berprestasi ketika sudah menjadi alumni-alumni sekolah SLTA Sampit. Hal ini akan sangat membantu eksistensi sekolah-sekolah swasta yang ada di Sampit,”pungkasnya. (agg)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!