Fokus Pengembangan SDM dan Ekonomi Melalui Pendidikan

 Fokus Pengembangan SDM dan Ekonomi Melalui Pendidikan

FOTO : Bupati Lamandau Hendra Lesmana saat bersama salah satu murid SDN 6 Nanga Bulik.

KALTENGNEWS.co.id – Nanga Bulik – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamandau masih fokus dalam pembangunan dibidang pendidikan sebagai sarana pengembangan sumber daya manusia (SDM). Selain itu, pendidikan merupakan kunci dari keberhasilan suatu pembangunan ekonomi yang maju.

“Pemkab Lamandau masih fokus pengembangan SDM melalui pendidikan. Hal ini juga berbanding lurus dengan keberhasilan suatu pembangunan ekonomi yang maju,” ujar Bupati Hendra Lesmana di Nanga Bulik, Kamis, 23 Maret 2023.

Menurutnya, pendidikan merupakan suatu faktor yang paling penting pendukung dalam peningkatan pembangunan ekonomi. Hal ini dikarenakan pendidikan dapat menciptakan suatu pola pikir pembaharuan (inovasi) dan dapat memanfaatkan teknologi sebagai landasan pembelajaran.

Melalui pendidikan dapat menghasilkan tenaga kerja yang handal dan mampu menciptakan lapangan kerja sendiri. Selain itu, melalui pendidikan seseorang bisa mendapatkan pengetahuan, keterampilan, nilai-nilai, dan tata perilaku lainnya untuk menunjang keberhasilan hidupnya.

“Oleh sebab itu, untuk memajukan pembangunan itu sendiri maka tugas kita bersama adalah memajukan mutu pendidikan itu sendiri,” sebut Hendra.

Dikatakan Bupati, dalam memajukan dunia pendidikan, bukan hanya tugas sekolah atau lembaga pendidikan, tetapi juga menjadi tanggung jawab keluarga dan masyarakat. Apalagi keluarga merupakan pihak yang pertama kali memberikan pendidikan karakter pada anak.

“Untuk itu, kepada para orangtua siswa diharapkan ikut membantu pendidikan anak-anaknya. Bentuknya dengan ikut membimbing atau mendampingi anak ketika belajar di rumah. Apalagi, keberadaan anak di sekolah sangat terbatas karena waktu selebihnya anak dihabiskan di rumah bersama keluarga,” pungkasnya.(fah/agg)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!