Faskes di Sejumlah Daerah Terpencil Masih Butuh Perhatian

 Faskes di Sejumlah Daerah Terpencil Masih Butuh Perhatian

FOTO: Anggota DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Jabiden Nadeak.

Kaltengnews.co.id, SAMPIT – Anggota DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim)  Jabiden Nadeak meminta agar pihak pemerintah daerah melalui dinas teknisnya yakni Dinas Kesehatan (Dinkes) untuk  terus memperhatikan fasilitas kesehatan di daerah terpencil.

“Falsilitas kesehatan di daerah pedalaman sangat perlu untuk melakukan pertolongan pertama bagi tenaga medis terhadap warga masyarakat. Selama ini dia menilai sistem pelayanan kesehatan masyarakat daerah yang jangkauannya jauh  tidak optimal akibat masih minimnya falsilitas,” ujar Dia, Kamis (23/03/2023).

Menurut Dia, baik itu tenaga medis yang  tidak ada, kelengkapan falsilitas penunjangnya, sampai pada tidak aktifnya Puskesmas Pembantu (Pustu) dan juga masalah-masalah lainnya yang menyulitkan masyarakat hingga tenaga kesehatan yang ditugaskan di daerah pedalaman itu sendiri.

“Persoalan kesehatan bagi masyarakat adalah hal yang utama setelah pendidikan. Hal ini merupakan satu keharusan bagi pemerintah daerah untuk melengkapi atau  memfasilitasi sampai pada benar-benar pelayanan kesehatan di daerah ini sangat baik,” ujarnya lagi.

Dia menambahkan sebagaiman diketahui, dari 17 Kecamatan di Kotim ini banyak yang jauh, daerah Dapil III dapil IV dan Dapil  V misalnya, karena desa-desa di sana juga jangkauannya sangat jauh jadi perlu di perhatikan hal ini. (TBK/YS)

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!