Dunia Pendidikan Perlu Jalin Kerjasama dengan Dunia Usaha

 Dunia Pendidikan Perlu Jalin Kerjasama dengan Dunia Usaha

KALTENGNEWS.co.id – SAMPIT – Untuk memajukan pendidikan, maka perlu kerjasama dan dukungan yang kuat dari seluruh aspek yang berada di lingkungan pendidikan, tidak luput juga dunia usaha harus terlibat dalam upaya kemajuan pendidikan.

“Dunia pendidikan perlu menjalin kerjasama dengan dunia usaha, baik dalam bentuk kegiatan maupun program lainnya yang dapat membantu mengembangkan kemampuan peserta didik secara akademis ataupun non akademis,” kata Kasi Kurikulum Dinas Pendidikan Kotawaringin Timur, Suyoso, Sabtu 11 Maret 2023.

Lanjutnya, pendidikan dan dunia usaha merupakan dua elemen yang tak bisa dipisahkan, sebab dari dunia pendidikan akan menghasilkan bibit-bibit unggul yang dapat meningkatkan kualitas perusahaan di dunia kerja.

“Bahkan karena ini pula yang membuat Kemendikbud Ristek melakukan link and match agar nantinya para lulusan SMK atau pendidikan vokasi dapat langsung bekerja di dunia usaha dan dunia industri (DU/DI),” tegasnya.

Tambahnya, dunia pendidikan harus terus melakukan inovasi dan terobosan. Meski sebagian besar sudah berkolaborasi dengan dunia usaha dan dunia industri (DU/DI), link and match harus terus ditingkatkan.

“Kemampuan berkomunikasi adalah hal yang utama dalam menjalin kerja sama dengan dunia usaha dan industri. Industri akan senang jika diajak berdiskusi tentang kebutuhan mereka dan mau berhubungan baik dengan pemerintah, lebih-lebih khususnya di Kotim banyak terdapat perusahaan besar swasta yang bisa diajak kerjasama,” ucapnya. (agg)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!