Disdik Kotim Dukung Sekolah Gelar Pesantren Kilat

 Disdik Kotim Dukung Sekolah Gelar Pesantren Kilat

KALTENGNEWS.co.id – SAMPIT – Kegiatan pesantren kilat yang umumnya dilaksanakan oleh sekolah sekolah pada saat bulan Ramadan, kini juga sudah mulai dilaksanakan beberapa sekolah di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), mengingat kegiatan ini sudah diperbolehkan pasca beberapa tahun terakhir dilanda pandemi Covid-19.

“Pesantren kilat bukan dilaksanakan saat malam hari, jadi hanya pesantren kilat yang dikelola oleh sekolah, pembelajarannya diganti dengan proses pesantren kilat, jadi ada tadarus, ceramah agama, ada juga mengupas tafsir quran atau lainnya,” kata Plt Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kotim, Irfansyah, Rabu 29 Maret 2023.

Lanjutnya, boleh mengambil jam pelajaran saat pagi hari, sehingga pada saat sore sudah tidak ada kegiatan di sekolah dan anak-anak sudah bisa beristirahat di rumah bersama keluarga atau melakukan ibadah lainnya di rumah.

“Namun untuk SMPN 1 Sampit, mereka sudah melapor, ada hari-hari tertentu membagian takjil di sekitar sekolah pada sore hari, cuma saya perintahkan beberapa anak saja yang ikut dengan didampingi dewan guru,” ujar Irfan.

Ia juga meminta kepada pihak sekolah untuk menjelaskan tujuan dari kegiatan yang dilaksanakan. Sekolah bisa melaporkan kegiatan secara daring maupun melalui surat. “Cukup via WhatsApp saja, karena kami sudah ada grup masing-masing untuk SD maupun SMP, jadi ada bidang-bidangnya sudah persekolahan,” sebutnya.

Dicontohkannya, SMP Bumi Tama melaporkan jika saat peserta didik yang beragama Islam melaksanakan tadarus, pelajar yang beragama non muslim akan berpindah keruangan khusus, sesuai agamanya masing-masing. “Jadi semua peserta didik ada kegiatan keagamaannya, menyesuaikan agamanya masing-masing,” jelas Irfan. (agg)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!