Cegah DBD dengan Menjaga Kebersihan Lingkungan 

 Cegah DBD dengan Menjaga Kebersihan Lingkungan 

Foto : Wakil Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Barito Selatan (Barsel) Enung Irawati.

Kaltengnews.co.id, BUNTOK – Masyarakat harus waspada dengan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). Karena dalam beberapa hari terakhir intensitas hujan cukup tinggi sehingga bisa menimbulkan penyakit berbahaya. Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Wakil Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Barito Selatan (Barsel) Enung Irawati.

“Kita taukan, apabila sudah hujan, maka nyamuk pasti mulai banyak, ini yang sering menyebabkan penyakit DBD muncul. Maka dari itu kita harus bisa mencegah penularan dan perlu adanya upaya sehingga kita tidak tertular,” ucap Enung, Senin (27/3/2023).

Dia menuturkan pencegahan tersebut juga harus bisa menjaga kebersihan lingkungan baik di rumah sendiri maupun komplek pemukiman seperti saluran air yang banyak sampah. Ini untuk mencegah munculnya wabah DBD yang dapat membahayakan kesehatan manusia.

“Setiap warga, juga dapat melakukan upaya pencegahan dengan menjalankan 3M, yaitu menguras bak mandi, menutup wadah atau penampungan air,” tutur Enung.

Selebihnya, Dia juga menjelaskan bahwa efek DBD sangat kompleks karena menyangkut semua aspek, sehingga memerlukan penanganan multi-sektor serta kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan.

“Mari kita jaga lingkungan yang bersih sehingga kita terhindar dari penyakit berbahaya,” tandasnya. (Tomi/YS)

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!