Camat Kota Besi Serahkan Penghargaan Kepada Siswa Berprestasi

 Camat Kota Besi Serahkan Penghargaan Kepada Siswa Berprestasi

KALTENGNEWS.co.id – SAMPIT – Bidang pendidikan memang sangat memerlukan perhatian semua pihak, baik masyarakat, pemerintah maupun orangtua yang berperan langsung dalam kehidupan anak-anak di rumah serta lingkungannya.

Khususnya di Kecamatan Kota Besi, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), pihak kecamatan memberikan perhatian khusus di bidang pendidikan, bahkan kerap kali memanggil peserta didik berprestasi untuk diberikan penghargaan.

“Bentuk penghargaan ini agar anak-anak didik terus termotivasi untuk belajar dan berinovasi serta menampilkan bakat-bakat mereka, sehingga prestasi mereka bisa muncul dan terus terasah,” kata Camat Kota Besi, Gusti Mukafi, Rabu, 15 Maret 2023.

Lanjutnya, prestasi peserta didik pun tidak bisa dipaksakan dan terfokus hanya di bidang akademik saja, namun di bidang non akademik juga harus mendapatkan dukungan, mengingat tidak semua peserta didik memiliki prestasi dan bakat yang sama.

“Sehingga upaya-upaya untuk mengenali bakat peserta didik ini juga perlu dilakukan, misal mengikutsertakan dalam perlombaan atau lainnya. Salah satu contohnya juga dalam kemah besar pramuka (KBP) belum lama ini, banyak peserta didik yang akhirnya menemukan bakat mereka,” ucapnya.

Karena tambah Gusti, dalam satu kegiatan itu ada berbagai macam pelajaran yang didapatkan, dari berlatih kepemimpinan, bersosialisasi, menyatukan pendapat hingga pendidikan karakter.

“Sebelum mereka berangkat mengikuti KBP yang dilaksanakan DKC Kotim di Desa Ujung Pandaran, Kecamatan Teluk Sampit beberapa waktu lalu, saya menjanjikan akan memberikan reward uang tunai kalau ada yang juara. Dan kemarin ada yang juara yel-yel,” bebernya, Rabu 15 Maret 2023.

Walau jumlahnya tidak seberapa, namun diharapkan ini dapat menambah semangat mereka untuk terus berprestasi. Lebih-lebih sekarang ini pramuka merupakan kegiatan ekstrakurikuler wajib yang harus diiukuti setiap peserta didik. Sudah seyogyanya pemerintah memberikan dukungan untuk gerakan pramuka baik berupa moril maupun materil, mengingat pula bidang kepramukaan ini turut menyumbang pembangunan daerah khususnya pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul.

“Karena sudah tidak diragukan lagi, anggota pramuka ini pasti disiplin. Apalagi jika menerapkan dasa darma pramuka, ada 10 poin yang memang dibutuhkan untuk meningkatkan kompetensi diri sehingga berguna bagi agama, bangsa dan negara,” pungkasnya. (agg)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!