Butuh Tambahan Peralatan Damkar

 Butuh Tambahan Peralatan Damkar

FOTO : Anggota DPRD Seruyan, Rudi Hartono.

KALTENGNEWS.co.id – KUALA PEMBUANG – Kalangan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seruyan mendorong pemerintah setempat agar melengkapi peralatan pemadam kebakaran (Damkar) di desa yang berpotensi terjadi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

“Saya mendorong pemerintah daerah harus menyediakan peralatan Damkar yang memadai bagi desa yang rawan Karhutla, ini penting untuk memaksimalkan upaya penanggulangan,” kata Anggota DPRD Seruyan, Rudi Hartono.

Rudi mengungkapkan, bahwa desa bisa menjadi garda terdepan dalam penanganan dan pencegahan Karhutla, tinggal hanya perhatian pemerintah yang harus ditingkatkan khususnya dalam hal memberikan sarana prasarana atau peralatan Damkar yang memadai tersebut.

“Kita juga mendukung upaya pemerintah setempat dimana sebagian desa di Seruyan sudah terbentuk relawan atau kelompok masyarakat peduli api, namun disamping itu perlu juga diimbangi dengan kesiapan dari segi fasilitasnya,” tutur Politikus PDI Perjuangan itu.

Disamping itu, selain mendorong pemerintah untuk memaksimalkan bantuan peralatan Damkar, ia juga mengharapkan pemerintah proaktif dalam memberikan pelatihan kepada relawan desa atau kelompok masyarakat peduli api (MPA), agar dalam penanganan Karhutla betul-betul maksimal dan sesuai prosedur.

“Jadi selain Peralatan yang memadai, para relawan juga harus dibekali dengan pengetahuan tentang cara menangani Karhultla dengan benar sesuai dengan SOP, ini penting demi menjamin keselamatan dari setiap relawan,” tutupnya. (agg)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!