BMKG : Saat Ramadhan, Diprediksikan Masih Musim Penghujan

 BMKG : Saat Ramadhan, Diprediksikan Masih Musim Penghujan

FOTO : Prakirawan Stasiun Meteorologi BMKG Haji Asan Sampit, Rahmat Wahidin Abdi.

Kaltengnews.co.id, SAMPIT – Prakirawan Stasiun Meteorologi BMKG Haji Asan Sampit, Rahmat Wahidin Abdi menyampaikan memasuki Ramadan hujan diperkirakan masih bisa turun.

“Memasuki pertengahan bulan Maret 2023 ini, hujan masih kerap turun di wilayah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), bahkan belum ada tanda-tanda terjadinya musim peralihan.” ujarnya, Kamis (16/03/2023).

Wahidin menerangkan jika dilihat dari rata-ratanya, memang untuk wilayah Kotim ini dari tahun 1997 hingga 2022, pola curah hujannya pada bulan Maret – April ini memang makin meningkat, hal itu juga didukung oleh pola angin hingga banyak terbentuknya awan-awan hujan.

“Saat ini kondisinya bisa terjadi hujan deras mendadak, kemudian panas lagi, itu disebabkan karena kondisi dinamisnya memang seperti itu, terjadi penguapan yang tinggi karena penyinaran matahari,” jelasnya

“Memasuki Ramadan diperkirakan masih musim hujan, untuk bulan Maret ini diprediksi curah hujan di Kotim berada pada kategori menengah dan sifat hujannya masih dalam batas normal, yaitu curah hujan 100 hingga 150 ml,” terangnya.

“Sementara untuk kondisi transportasi laut saat ini aman, tinggi gelombang maksimal 2 meter di perairan sebelah barat, tidak mengganggu dan kalau untuk wilayah Kotim sendiri maksimal tinggi gelombangnya 1,25 meter, bagi kapal penumpang masih aman. Demikian pula dengan transportasi udara saat ini masih dalam situasi aman,” pungkas Rahmat. (Tbk/YS)

 

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!