Tema P5 Tiap Jenjang Pendidikan Berbeda

 Tema P5 Tiap Jenjang Pendidikan Berbeda

KALTENGNEWS.co.id – SAMPIT – Dimulai pada tahun ajaran 2021/2022, Kemendikbud Ristek RI menentukan tema untuk setiap projek profil yang diimplementasikan di satuan pendidikan. Jenjang PAUD ada 4 tema, SD hingga SMA sederajat ada 8 tema yang dikembangkan berdasarkan isu prioritas dalam Peta Jalan Pendidikan Nasional 2020-2035.

Kabid Pembinaan PAUD dan PNF Dinas Pendidikan Kotawaringin Timur (Kotim), Arief menyebutkan, tema utama Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di Satuan PAUD yakni Aku Sayang Bumi yang artinya Gaya Hidup Berkelanjutan.

“Contohnya eksplorasi penyebab banjir di sekitar, membuat dan menghias tempat sampah dari barang bekas dan membuat karya seni dari bahan alam,” jelasnya.

Tema kedua, Aku Cinta Indonesia. Ini tentang Kearifan lokal seperti kegiatannya bisa eksplorasi budaya nusantara dengan kunjungan ke museum budaya.

“Seperti disini (Kota Sampit), ada satu museum yang bisa dikunjungi, bisa juga ke tempat-tempat bersejarah lainnya,” ucap Arief.

Ketiga, Kita Semua Bersaudara yaitu Bhinneka Tunggal Ika. Contohnya membuat kegiatan minggu bertukar bekal. Para anak diminta membawa bekal, menceritakan dan menghargai makanan yang biasa dimakan di rumah masing-masing.

“Terakhir yaitu Imajinasi dan Kreativitasku tentang Rekayasa dan Teknologi, bisa melalui kegiatan eksplorasi cara membuat kendaraan bersayap seperti pesawat,” bebernya.

Sementara itu, Kabid Pembinaan SMP Disdik Kotim Suyoso, menyebutkan 8 tema jenjang SD hingga SMA sederajat. Yakni Gaya Hidup Berkelanjutan, Kearifan Lokal, Bhinneka Tunggal Ika, Bangunlah Jiwa dan Raganya, Suara Demokrasi, Rekayasa dan Teknologi, Kewirausahaan, dan Kebekerjaan.

“Tujuan P5 untuk memperkuat pencapaian rekor pelajar Pancasila yang telah dikembangkan berdasarkan tema-tema tertentu yang diidentifikasi oleh pemerintah,” jelasnya. P5 juga, jelasnya, merupakan proses pembelajaran interdisipliner mengamati dan merenungkan solusi permasalahan di lingkungan sekitar dalam rangka penguatan berbagai keterampilan dalam Profil Pelajar Pancasila. (agg)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!