Siswa Dinilai Lebih Cepat Berkembang Ketika Ikuti Ekstrakurikuler

 Siswa Dinilai Lebih Cepat Berkembang Ketika Ikuti Ekstrakurikuler

KALTENGNEWS.co.id – SAMPIT – Banyaknya kegiatan ekstrakurikuler membuat peserta didik lebih mudah menentukan minatnya, bahkan dengan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler biasanya anak akan lebih cepat berkembang dibandingkan dengan hanya mengikuti pembelajaran akademik saja.

“Di sekolah sendiri ada ekstrakurikuler wajib dan pilihan, kegiatan ekstrakurikuler adalah kegiatan kurikuler yang dilakukan oleh peserta didik di luar jam belajar kegiatan intrakurikuler dan kegiatan kokurikuler, di bawah bimbingan dan pengawasan satuan pendidikan,” kata Kepala SMPN 2 Sampit, Abdurrahman, Rabu 15 Maret 2023.

Dijelaskannya, ekstrakurikuler wajib yakni kegiatan ekstrakurikuler yang wajib diselenggarakan oleh satuan pendidikan dan wajib diikuti oleh seluruh peserta didik atau siswa.

“Program ekstrakurikuler Wajib yang harus diselenggarakan oleh satuan pendidikan berbentuk pendidikan kepramukaan, yang diatur khusus dalam Peraturan  Permendikbud RI Nomor 63 tahun 2014,” bebernya.

Sementara ekstrakurikuler pilihan yaitu kegiatan ekstrakurikuler yang dapat dikembangkan dan diselenggarakan oleh satuan pendidikan dan dapat diikuti oleh peserta didik sesuai bakat dan minatnya masing-masing. Siswa diberikan kebebasan dalam memilih kegiatan ekskul yang diminati.

“Dengan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler, anak bisa berkembang karena kegiatan ekstrakurikuler sebagai wahana pengembangan minat dan bakat siswa,” ujarnya.

Selain itu juga, ekstrakurikuler di sekolah yaitu sebagai wahana untuk memperluas pengalaman bersosialisasi, praktik keterampilan berkomunikasi, dan internalisasi nilai-nilai karakter. (agg)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!