Pemilihan OSIS Dilakukan Secara Demokratis

 Pemilihan OSIS Dilakukan Secara Demokratis

KALTENGNEWS.co.id – SAMPIT – Para siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 9 Sampit diajarkan cara berdemokrasi yang baik melalui pemilihan Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS).

“Ini nantinya akan menjadi bekal anak-anak saat berada di lingkunhan masyarakat yang mana akan ada banyak perbedaan pendapat dan pilihan, namun semuanya tetap sama satu tujuan,” kata Kepala SMPN 9 Sampit, Supriyono, Rabu 8 Februari 2023.

Ia bahkan turun langsung mencontohkan pemilihan yang baik dan benar di balik Tempat Pemungutan Suara (TPS), dimana para peserta didik tidak akan menerima intervensi apapun dan boleh memilih kandidat yang mana saja yang mereka anggap mampu menjadi Ketua OSIS.

“Jadi pemilihan dilaksanakan secara langsung dan terbuka, sehingga anak-anak melalui kegiatan ini kita ajarkan bersikap jujur, bertanggung jawab, tolerasi serta demokrasi,” tegasnya.

Inipun sesuai dengan penerapan kurikulum merdeka yang menyertakan proyek penguatan profil pelajar pancasila atau P5, dimana salah satu temanya adalah tentang demokrasi.

“Sehingga dalam satu kegiatan ada banyak pembelajaran yang di dapatkan para peserta didik termasuk bagi sekolah juga telah berhasil menerapankan pembelajaran berbasis projek sesuai dengan P5 dan tujuan kurikulum merdeka,” pungkasnya. (agg)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!