Murid SD Pamerkan Hasil Karya Sablon Menarik

 Murid SD Pamerkan Hasil Karya Sablon Menarik

KALTENGNEWS.co.id – SAMPIT – Murid kelas 1B SDN 6 Ketapang, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) membuat karya sablon kaos dengan metode tie dye dalam rangkaian Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

Tie dye sendiri merupakan teknik pewarnaan kain dengan metode ikat dan lipat, hasil kaos tie dye ditampilkan dalam Bazar P5 yang dilaksanakan di halaman sekolah pada Sabtu 25 Februari 2023.

Kepala SDN 6 Ketapang Ramadani menyampaikan apresiasi pada siswa bisa membuat produk yang kreatif, mengubah kaos polos putih menjadi bermotif yang indah.

“Produk-produk hasil tangan kreatif siswa ditampilkan dalam Bazar P5 bertepatan dengan HUT ke-33 SDN 6 Ketapang,” ungkapnya.

Cara pewarnaannya adalah dengan memblokir atau menutup bagian kain tertentu agar warna tidak masuk. Dibagian tersebut, kemudian kain dibasahi dengan bermacam warna. Hasilnya mayoritas berupa bentuk geometris, abstrak, atau kombinasi keduanya.

Selain itu stand bazar lain juga menampilkan bunga yang terbuat dari kertas, dari plastik, tempat pensil dari stik es krim, rumah adat dari kardus, celengan, dan bermacam ide kreatif lainnya diolah dari barang bekas.

Berbagai makanan seperti jajanan pasar, gorengan, minuman, cemilan dan tumpeng ulang tahun SDN 6 Ketapang juga ada disetiap stand bazar. Para orang tua siswa juga antusias memeriahkan acara tersebut.

Ramadani berharap agar kegiatan bazar P5 menjadi salah satu agenda rutin sekolah dan bentuk pembelajaran P5 Kurikulum Merdeka dapat meningkatkan kreatifitas siswa. (agg)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!