Milad ke-70 KKB, Warga Dayak Bakumpai Berperanan Penting dalam Pembangunan Daerah

 Milad ke-70 KKB, Warga Dayak Bakumpai Berperanan Penting dalam Pembangunan Daerah

Potong Nasi Tumpeng: Ketua Umum KKB Pusat H. Yuni Abdi Nur Sulaiman, S.E., Ketua KKB Provinsi Kalimantan Tengah, Prof. Dr. H. Suriansyah Murhaini, S.H., M.H., beserta pengurus lainnya, yakni Wakil Ketua KKB Provinsi Kalimantan Tengah Drs. H. Nuryakin, M.Si., Sekretaris Dr. Akhmad Supriadi, M.Pd., melakukan pemotongan nasi tumpeng, sebagai bentuk ucapan syukur memperingati Milad ke-70 Tahun KKB Pusat, Rabu (22/02/2023) malam.

 

Kaltengnews.co.id – PALANGKA RAYA – Peran penting warga Dayak Bakumpai, utamanya dalam rangka mendorong pembangunan di wilayah Provinsi Kalimantan Selatan maupun Kalimantan Tengah, secara nyata telah diwujudkan. Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Ketua Kerukunan Keluarga Bakumpai (KKB) Provinsi Kalimantan Tengah, Prof. Dr. H. Suriansyah Murhaini, SH., MH., saat memberikan sambutan pada malam Puncak Acara Milad ke-70 Tahun KKB Pusat, Rabu (22/02/2023) di Aula Darussalam, Komplek Masjid Darussalam, Jalan G. Obos Induk, Kota Palangka Raya.

FOTO : Ketua KKB Kalteng, Prof. Dr. H. Suriansyah Murhaini, SH., MH.,

Prof. Dr. H. Suriansyah Murhaini, SH., MH., menyampaikan sejarah mencatat, banyak tokoh Dayak Bakumpai yang telah memberikan berbagai kontribusi positif, baik itu di level daerah, nasional bahkan dunia.

“Pada Milad ke-70 Tahun KKB, ada berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan, dan puncak acaranya dilaksanakan di Kota Palangka Raya,” ujar Ketua KKB Provinsi Kalimantan Tengah, Rabu (22/02/2023) malam.

Lanjut Dekan Fakultas Hukum Universitas Palangka Raya (FH UPR) ini juga mengatakan pada puncak acara Milad ke-70 Tahun KKB Pusat di Palangka Raya, dari sore tadi pihaknya telah melaksanakan isra mi’raj, kemudian pada malamnya dilanjutkan dengan kegiatan malam silaturahmi, pengumuman pemenang lomba, MoU antara KKB Kalteng dengan Balai Bahasa Kalteng, serta diisi pula dengan pengundian door prize bagi warga Bakumpai yang berhadir, dengan hadiah utama 2 kupon umroh yang diberikan masing-masing, 1 dari pengurus KKB dan 1 dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah.

“Terkait kerjasama KKB Kalteng dengan Balai Bahasa Kalteng, yakni Menterjemah Alquran dalam Bahasa Bakumpai. Dimana, maksudnya untuk memudahkan warga Dayak Bakumpai yang mayoritasnya beragama Islam, supaya dengan lebih mudah lagi untuk memahami tafsir Qur’an,” ujarnya lagi.

Selebihnya, Ketua PGRI Kalteng ini menuturkan melalui kerjasama dengan Balai Bahasa Kalteng, harapanya Bahasa Bakumpai dapat diusulkan menjadi salah satu materi atau bahan ajar pada mata pelajaran muatan lokal, utamanya untuk sekolah-sekolah yang berada di sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) Barito. Hal ini, tujuannya untuk melestarikan Bahasa Dayak Bakumpai kepada anak-anak usia sekolah.

FOTO : Penandatanganan MoU antara KKB Kalteng dengan Balai Bahasa Kalteng.

Tidak lupa, Prof. Suriansyah juga menyampaikan ucapan terima kasih sebesar-besarnya kepada Pengurus dan Ketua Umum KKB Pusat H. Yuni Abdi Nur Sulaiman, S.E., yang sepenuhnya mensupport seluruh kegiatan puncak acara Milad ke-70 di Kota Palangka Raya.

Sementara itu, Ketua Umum KKB Pusat, H. Yuni Abdi Nur Sulaiman, S.E., menyampaikan ucapan syukur kepada Alloh SWT, karena hingga sekarang ini KKB Pusat telah genap berusia 70 tahun.

FOTO : Ketua Umum KKB Pusat, H. Yuni Abdi Nur Sulaiman, S.E.,

“Saya mengajak seraya selalu mengingatkan kepada seluruh warga Dayak Bakumpai agar dapat terus menjaga kerukunan kebersamaan dan tali silaturahmi yang hingga saat ini telah terjalin dengan sangat baik,” ujar Ketua Umum KKB Pusat.

H. Yuni juga mengapresiasi seluruh warga Dayak Bakumpai, baik itu di Kalimantan Selatan maupun di Kalimantan Tengah, dimanapun dan apapun profesi pekerjaan ataupun sektor usahanya, karena telah berkontribusi positif terhadap pembangunan daerah.

“Saya sangat mengapresiasi atas semua partisipasi dari seluruh warga Dayak Bakumpai, dalam mendorong roda pembangunan daerah maupun nasional. Teruslah berkarya dengan pekerjaan ataupun usaha yang dimiliki untuk membangun daerah menuju ke arah yang lebih maju lagi,” tuturnya.

Tidak hanya itu, Dia juga mengatakan tahun 2023 hingga 2024 mendatang merupakan tahun politik. Dimana, warga Dayak Bakumpai juga memiliki peranan penting dalam menyuksesi pemilihan umum (Pemilu) 2024 mendatang.

Meski, nanti pada saat pemilihan umum, setiap warga Dayak Bakumpai bisa memiliki partai politik dan memiliki pilihan yang berbeda-beda, namun kerukunan dan tali silaturahmi harus dapat terus terjaga.

“Jangan mau terpecah belah, lantaran adanya perbedaan pandangan politik. Untuk itu, saya mengajak kepada seluruh warga Dayak Bakumpai agar secara aktif turut serta menjaga kondusifitas dan kamtibmas menjelang pemilihan umum 2024 mendatang, supaya Pemilu 2024 dapat berjalan dengan aman dan lancar,” timpalnya.

Disisi lain, masih di hari dan kegiatan yang sama, Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Kalteng H. Nuryakin, M.Si yang juga Wakil Ketua KKB Kalteng ini menyampaikan ucapan selamat atas terlaksananya Milad KKB Pusat ke-70 Tahun.

FOTO : Sekda Kalteng yang juga Wakil Ketua KKB Kalteng, H. Nuryakin, M.Si

“Kita berharap, warga Kerukunan Keluarga Bakumpai dapat terus bergerak dan memberikan kontribusi positif dalam mendukung pembangunan di seluruh Bumi Tambun Bungai yang kita cintai ini. Karena, apapun itu organisasi yang ada di Kalimantan Tengah, diharapkan dapat selalu bersinergi dengan pemerintah dalam rangka membangun daerah,” ujar Sekda Kalteng.

H. Nuryakin juga mengapresiasi sejumlah tokoh Dayak Bakumpai yang sudah memberikan kontribusi positif membangun Kalimantan Tengah ini. Harapannya kedepan, sinergitas yang sudah terbangun dengan baik ini, dapat terus terjaga dan ditingkatkan lagi.

“Kami juga sangat menyambut baik, adanya MoU antara KKB Kalteng dengan Balai Bahasa, dalam upaya menterjemahkan tafsir Qur’an ke dalam Bahasa Dayak Bakumpai. Ini merupakan suatu tonggak sejarah baru, dan memang sepatutnya lah didukung, dalam rangka pelestarian bahasa Dayak Bakumpai itu sendiri. Terlebih, kita juga tidak mau eksistensi Bahasa Dayak Bakumpai tergerus oleh adanya dampak kemajuan teknologi informasi, dimana kedepan dikhawatirkan para generasi penerus justru tidak mengenal lagi Bahasa Dayak Bakumpai. Oleh sebab itu, hal ini perlu didukung dan diniati secara serius,” tutup H. Nuryakin yang pada malam ini juga telah ditunjuk sebagai Ketua Tim penyusunan Tafsir Qur’an ke Bahasa Dayak Bakumpai ini.

Sekedar menginformasikan, pada malam silaturahmi antara pengurus dan ribuan anggota KKB, turut hadir pula Ketua Umum KKB Pusat H. Yuni Abdi Nur Sulaiman, S.E., Ketua KKB Provinsi Kalimantan Tengah, Prof. Dr. H. Suriansyah Murhaini, S.H., M.H., beserta pengurus KKB Kalteng lainnya, yakni Wakil Ketua KKB Provinsi Kalimantan Tengah Drs. H. Nuryakin, M.Si., Sekretaris Dr. Akhmad Supriadi, M.Pd., Bendahara H. Rus’ansyah, S.Ag., M.Pd., dan Ketua FP-KKB Kalteng Riko Rahman, M.E.,

Selanjutnya, Ketua Umum KKB Pusat H. Yuni Abdi Nur Sulaiman, S.E. juga berkesempatan menyerahkan bantuan operasional sebesar Rp100 juta kepada KKB Kalteng yang diterima melalui Ketua KKB Kalteng Prof. Dr. H. Suriansyah Murhaini, SH, MH., serta, penyerahan bantuan operasional sebesarRp50jt dari FP-KKB Pusat kepada FP-KKB Kalteng.

FOTO: Penyerahan secara simbolis Bantuan Operasional dari KKB Pusat kepada KKB Kalteng, serta Penyerahan Bantuan Operasional dari FP-KKB Pusat kepada FP-KKB Kalteng.

Pada malam Puncak Acara Milad ke-70 Tahun KKB Pusat di Kota Palangka Raya juga dilakukan pemotongan nasi tumpeng, sebagai bentuk ucapan syukur kepada Alloh SWT atas usia KKB Pusat yang kini genap berusia 70 Tahun. (YS)

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 

KALTENGNEWS TV

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!