Menjaga Kelestarian Lingkungan Menjadi Tanggungjawab Semua Pihak

 Menjaga Kelestarian Lingkungan Menjadi Tanggungjawab Semua Pihak

FOTO: Anggota DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Megawati.

 

Kaltengnews.co.id, SAMPIT – Legislator DPRD Kotawaringin Timur (Kotim) Megawati menilai persoalan lingkungan hidup di kabupaten setempat tidak bisa serta merta menyalahkan pihak-pihak tertentu saja, namun itu menjadi tanggungjawab dari seluruh pihak.

Menurut Dia, beberapa akar masalah persoalan lingkungan hidup yang menjadi tantangan antara lain penurunan Indeks Kualitas Lingkungan Hidup (IKLH) yang disebabkan belum terkelolanya limbah domestik, tingginya tingkat erosi, kerusakan lahan gambut.

“jika melihat fakta-fakta di lapangan memang benar adanya, sehingga sangat rentan terjadinya kebakaran hutan dan lahan, dan itu terus terjadi setiap tahunnya di Kotim ini, ini yang harus dan patut kita sadari bersama,” ujar Dia, Minggu (12/02/2023).

Dia juga menilai masih rendahnya peran serta masyarakat, termasuk masyarakat dan bahkan adanya peningkatan volume sampah dan limbah B3 selama masa pandemi Covid-19 menambah semakin buruknya kondisi lingkungan hidup di masyarakat Kotim saat ini.

“Ditambah lagi dengan rendahnya ketaatan usaha atau kegiatan perusahaan dalam pengelolaan lingkungan hidup yang disebabkan kurangnya atau lemahnya pengawasan, sehingga menimbulkan beberapa akar masalah persoalan lingkungan hidup seperti meningkatnya bencana hidro meteorologi yang ditandai dengan curah hujan ekstrim yang menyebabkan bencana banjir yang sempat terjadi beberapa kali dalam satu tahun terakhir ini,” ujar Dia lagi.

Untuk itu dia meminta semua pihak termasuk pelaku usaha dan masyarakat semua elemen, sama-sama melakukan pengawasan dan ketaatan dalam menjaga usaha dan/atau kegiatannya yang mengarah pada kerusakan lingkungan hidup itu sendiri harus di perhatikan.

“Dan itu harus dilaksanakan secara masif, berkala, dan berkesinambungan. Serta pemberian sanksi oleh pemerintah kalau ada pelaku usaha yang melakukan pelanggaran atau tidak patuh terhadap kewajiban dalam pengelolaan lingkungan hidup dilingkungan usahanya,” tandas Dia. (TBK/YS)

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!