Memasuki Musim Hujan, Legislator Kota ini Ajak Masyarakat Mewaspadai DBD

 Memasuki Musim Hujan, Legislator Kota ini Ajak Masyarakat Mewaspadai DBD

Foto : Ketua Komisi C DPRD Palangka Raya, Hasan Busyairi

Kaltengnews.co.id – Palangka Raya – Ketua Komisi C DPRD Palangka Raya, Hasan Busyairi mengimbau kembali warga kota setempat, untuk waspada penyakit Demam Berdarah Dengue atau DBD sebagai dampak musim hujan.

Terlebih dalam beberapa hari terakhir hujan dengan intensitas tinggi terus mengguyur Kota Palangka Raya. Akibat hujan ini, beberapa titik wilayah di Kota Palangka Raya tergenang bahkan terendam banjir. .

“Karena itu kami mengimbau masyarakat Kota Palangka Raya agar selalu waspada dampak dai musim hujan, karena penyakit DBD sering kali muncul,”ungkap Hasan, Rabu (15/2/2023) di gedung DPRD Palangka Raya.

Menurut legislator dari Partai Golkar Kota Palangka Raya ini, agar terbebas dari penularan dan penyebaran menyakit DBD, maka perlu adanya upaya pencegahan. “Disamping hal ini memerlukan perhatian pemerintah, namun sebaliknya perlu adanya kesadaran langsung dari masyarakat untuk mencegah DBD,”ucapnya.

Salah satu caranya lanjut Hasan, ialah masyarakat harus memastikan tidak ada genangan banjir di lingkungan sekitar rumah akibat hujan yang turun. Disatu sisi masyarakat harus membudayakan kembali sikap gotong royong membersihkan lingkungan.

“Sementara itu upaya pencegahan yang bisa dilakukan setiap warga yakni menjalankan 3M yaitu menguras bak mandi, menutup wadah atau penampungan air, kemudian mengubur barang-barang bekas yang terdapat dilingkungan tempat tinggal,”jelasnya.

Tak bisa dipungkiri imbuh Hasan, efek DBD sangat kompleks karena menyangkut kesemua aspek, sehingga memerlukan penanganan multi sektor serta kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan.(Red/Vd/*)

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!