Legislator Kotim ini Minta Proyek Fisik Mulai Dikerjakan Di Awal Tahun

 Legislator Kotim ini Minta Proyek Fisik Mulai Dikerjakan Di Awal Tahun

FOTO: Legislator DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) M. Kurniawan Anwar.

Kaltengnews.co.id, SAMPIT – Legislator DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) M. Kurniawan Anwar mendorong agar pemerintah daerah untuk memaksimalkan pelaksanaan kegiatan pembangunan pada awal tahun. Terlebih lagi untuk pekerjaan yang sifatnya proyek fisik. Hal ini belajar dari tahun 2022 silam. Pasalnya, banyak pekerjaan pada akhir tahun yang harus dikebut, sehingga dikhawatirkan hasil pekerjaan fisik pun tidak maksimal.

“Saya sangat berharap proses persiapan lelang sudah dimulai awal tahun ini, sehingga paling lambat triwulan pertama akhir sudah mulai berjalan pembangunan di daerah ini,” ujar Dia, Sabtu (04/02/2023).

Menurut Dia, seolah sudah menjadi suatu kebiasaan dari perangkat daerah (PD) setiap tahun anggaran pelaksanaan kegiatannya sering terjadi molor. Mereka cenderung melakukan pekerjaan memasuki semester kedua. Hasilnya, dalam setiap rapat evaluasi serapan anggaran ada PD yang dalam semester pertama menyerap anggaran masih di bawah target.

“Kami melihat dari siklus tahunan hampir setiap tahun anggaran di semester I serapan anggaran masih minim, karena banyak PD yang masih memilih untuk mengebut kegiatan masuk di semester kedua,” ujar Dia lagi.

Maka dari itu, Dia berharap agar pekerjaan sudah dilaksanakan di awal-awal tahun ini. “Karena selain punya waktu yang panjang juga tidak terkendala dikondisi cuaca yang biasanya musim penghujan seperti akhir tahun kemarin,” timpal Dia.

Tidak hanya itu, Dia juga mengatakan dengan dilaksanakannya pekerjaan pada awal tahun, bisa meningkatkan perputaran ekonomi di daerah ini. Selain itu tenaga kerja juga banyak terserap sehingga dari awal ekonomi cenderung stabil dengan adanya kegiatan pemerintah disektor pekerjaan proyek tadinya.

“Selain banyak dampak positifnya, kalau pekerjaan dilakukan diawal-awal tahun, selain dapat membantu pertambahan ekonomi juga akan memberikan gambaran kesiapan SOPD atas pelaksanaan program usulan yang sudah tertuang di dalam APBD kabupaten Kotim,” tandas Dia.  (TBK/YS)

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!