Kurangnya Sarpras Jadi Kendala Petani Dapil III

 Kurangnya Sarpras Jadi Kendala Petani Dapil III

Anggota DPRD Seruyan, Salidin

KALTENGNEWS.co.id – KUALA PEMBUANG – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan mengharapkan kepada pemerintah setempat memperhatikan kondisi pertanian masyarakat di daerah pemilihan III (dapil III) yang meliputi Kecamatan Batu Ampar, Seruyan Tengah, Seruyan Hulu dan Suling Tambun.

Anggota DPRD Seruyan, Salidin mengatakan, saat ini banyak permasalahan yang dihadapi para petani di wilayah setempat, seperti hal nya keluhan tidak bisa berladang karena larangan membuka lahan dan sebagainya, sehingga pemerintah diharapkan bisa ikut andil membantu masyarakat.

“Larangan itu dikarenakan, lahan petani di sana itu sebagain terkena status kawasan hutan produksi atau KHP sehingga tidak bisa mereka manfaatkan, belum lagi kurangnya bantuan sarpras pertanian seperti bibit, alat mesin tani dan lainnya juga menjadi kendala para petani,” ungkapnya, Rabu (22/2/2023).

Melihat banyaknya kendala para petani itu, Salidin berharap pemerintah melalui dinas terkait bisa memberikan kontribusi untuk kemajuan sektor pertanian di wilayah tersebut dengan melalukan beberapa upaya antaranya, mengusulkan pembebasan status kawasan hutan ke pemerintah pusat, serta mendukung dari segi sarana prasarana (sarpras) pertanian.

“Hal ini menjadi hajat hidup masyarakat di sana, karena mayoritas pekerjaan mereka sebagai petani diantaranya padi, kopi, rotan, karet dan sebagainnya, pemerintah harus bisa melirik dan memberikan dukungan guna peningkatan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya. (agg)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!