Ketua TP-PKK Kalteng Hadiri Gerakan Tanam Pohon Serentak

 Ketua TP-PKK Kalteng Hadiri Gerakan Tanam Pohon Serentak

Foto : Ketua TP PKK Prov. Kalteng, Ivo Sugianto Sabran.

Kaltengnews.co.id – PALANGKA RAYA – Ketua TP PKK Prov. Kalteng, Ivo Sugianto Sabran menghadiri Gerakan Penanaman Pohon Serentak oleh Ibu Negara, Iriani Joko Widodo secara virtual, di UPT Balai Pengujian Mutu Pakan, Pembibitan dan Hijauan Makanan Ternak (BPMPPHMT), di Palangka Raya, Rabu (1/2/2023).

Ivo mengatakan, dalam kegiatan penanaman ini Pemprov. Kalteng menanam durian varietas Gelapir sebanyak 1.000 bibit.

“Kegiatan ini salah satunya untuk penghijauan. Kita secara simbolis menanam 100 pohon durian. Kenapa kita pilih durian, karena ketentuannya yang ditanam harus tanaman kayu. Durian ini juga bisa kita manfaatkan buahnya,” ucap Ivo.

Selain durian, beberapa waktu lalu di lokasi sekitar juga ditanam berbagai sayuran dan hortikultura agar bisa dimanfaatkan dan sebagai tempat agrowisata.

Ivo menuturkan, kalteng akan menggandeng kelompok tani sekitar untuk merawat tanaman-tanaman tersebut, sehingga bisa menjadi daerah percontohan untuk pemanfaatan lahan yang kurang produktif.

“Lahan ini kita olah dan kita lakukan pendampingan sehingga bisa kita optimalkan 50 Hektar lahan yang ada di sini. Tidak hanya di lingkup Pemprov saja, tetapi kita juga akan melibatkan masyarakat sekitar juga,” ujar Ivo.

Sementara itu, Kepala Dinas TPHP Prov. Kalteng Hj. Sunarti menyampaikan durian Gelapir yang ditanam tersebut merupakan durian lokal yang sudah terdaftar di Kementerian Pertanian.

“Durian ini sudah terbukti dari cita rasanya bagus, jadi kita memunculkan produk asli genetik Kalteng,” jelas Sunarti.

Sunarti berharap ketika durian ini panen nantinya, masyarakat bisa mencontoh dan menghasilkan durian Palangka Raya.

“Selama ini yang kita kenal hanya durian Kasongan, durian Puruk Cahu, dengan ditanam durian ini maka Palangka Raya bisa punya durian sendiri,” pungkasnya. (*)

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!