Ini Tujuan Orientasi Pendampingan Sekolah Penggerak

 Ini Tujuan Orientasi Pendampingan Sekolah Penggerak

KALTENGNEWS.co.id – SAMPIT – Dinas Pendidikan (Disdik) Kotawaringin Timur (Kotim) menggelar orientasi pendampingan sekolah penggerak angakat 2 tahun pertama yang dilaksanakan di Balai Pelatihan Guru (BPG) Kotim.

“Ini merupakan program kolaborasi antara Kemendikbud Ristek dengan Pemerintah Daerah di mana komitmen Pemda menjadi kunci utama intervensi dilakukan secara holistik, mulai dari SDM sekolah, pembelajaran, perencanaan, digitalisasi, dan pendampingan Pemerintah Daerah,” kata Plt Kepala Disdik Kotim Susiawati, Jumat 24 Februari 2023.

Kegiatan ini memiliki ruang lingkup yang mencakup seluruh kondisi sekolah, tidak hanya sekolah unggulan saja, baik negeri dan swasta pendampingan akan dilakukan oleh Disdik.

“Program Sekolah Penggerak terdiri dari lima intervensi yang saling terkait dan tidak bisa dipisahkan,” tegasnya.

Selanjutnya, penguatan SDM sekolah, penguatan Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah, Penilik, dan guru melalui program pelatihan dan pendampingan intensif (coaching one to one) dengan pelatih ahli yang disediakan oleh kementrian.

“Pembelajaran dengan paradigma baru merupakan pembelajaran yang berorientasi pada penguatan kompetensi dan pengembangan karakter yang sesuai nilai-nilai Pancasila, melalui kegiatan pembelajaran di dalam dan luar kelas,” jelasnya.

Serta perencanaan berbasis data yaitu manajemen berbasis sekolah dengan perencanaan berdasarkan refleksi diri satuan pendidikan. Sementara digitalisasi sekolah yaitu penggunaan berbagai platform digital bertujuan mengurangi kompleksitas, meningkatkan efisiensi, menambah inspirasi, dan pendekatan yang disesuaikan. (agg)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!