Ini Tujuan Mahasiswa KKN Gelar Lomba

 Ini Tujuan Mahasiswa KKN Gelar Lomba

KALTENGNEWS.co.id – SAMPIT – Memanfaatkan perpustakaan desa yang kerap kali minim pengunjung, sejumlah mahasiswa KKN dari STKIP Muhammadiyah Sampit melakukan kegiatan lomba literasi untuk peserta didik di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Ramban, Kecamatan Mentaya Hilir Utara, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim).

“Lomba ini kami adakan dalam skala kecil saja, untuk anak-anak di SDN 1 Ramban, kebetulan kami saat ini melaksanakan KKN di Desa Ramban,” ucap seorang mahasiswa KKN, Roby Ansyah, Sabtu 11 Februari 2023.

Ada 15 peserta yang terbagi dalam 3 kategori. Yakni membaca puisi ada 7 orang, cerita pendek ada 5 orang, dan menulis puisi ada 3 orang.

“Lomba literasi ini kita adakan di perpustakaan desa, jadi anak-anak bisa mencari bahan untuk dibacakan melalui buku-buku yang ada di perpustakaan desa,” jelasnya.

Menurutnya, para peserta sangat antusias mengikuti perlombaan ini, apalagi ada hadiah dan piala bagi pemenang, sehingga anak-anak bertambah semangat melakukan kegiatan literasi.

“Kemampuan literasi mereka juga cukup baik, semuanya lancar membaca. Meski di daerah ini baru pertama kali diadakan lomba literasi, namun anak-anak sudah memahami apa itu kegiatan literasi dan pada saat lomba semuanya berjalan lancar,” tegasnya.

Ia berharap kegiatan ini dapat meningkatkan minat baca peserta didik terutama membaca buku-buku yang ada di perpustakaan desa, karena buku yang tersedia cukup variatif untuk menambah ilmu pengetahuan. (agg)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!