Ini Dampak Negatif Narkoba Bagi Pelajar

 Ini Dampak Negatif Narkoba Bagi Pelajar

FOTO : Plt Kepala Dinas Pendidikan Kotim, Susilawatie.

KALTENGNEWS.co.id – SAMPIT – Penyalahgunaan narkoba terutama pada pelajar dan mahasiswa bisa membuat pendidikannya terganggu hingga masa depan yang tidak jelas yang merupakan dampak sosial dari penggunaan narkoba.

“Narkoba dapat menimbulkan ketergantungan (adiksi) yang dapat menimbulkan kerusakan secara fisik dan psikologis si pengguna narkoba. Sehingga penggunanya tidak akan fokus ketika belajar,” kata Plt Kepala Dinas Pendidikan Kotawaringin Timur, Susiawati, Kamis 16 Februari 2023.

Sehingga ujarnya, penting bagi orangtua, sekolah dan lingkungannya untuk saling menjaga agar anak terhindar dari penyalahgunaan narkoba, terutama ketika anak berada jauh dari orangtua.

“Karena penggunaan narkoba ini dampaknya besar dan dalam jangka panjang, baik itu dampak terhadap diri sendiri maupun lingkungannya. Karena anak bisa saja dikucilkan hingga akhirnya mengalami stres,” ucapnya.

Maka dari itu, tambah Susi, orangtua dan guru juga harus mengenali ciri-ciri pengguna narkoba, sehingga ketika diketahui bisa langsung direhabilitasi sebelum semakin parah dan tidak bisa disembuhkan lagi.

“Dampak psikisnya mudah kita lihat, yaitu lamban dalam bekerja, ceroboh saat kerja, sering tegang dan gelisah, hilang kepercayaan diri, apatis, dan sering berkhayal. Dan juga agitatif, menjadi ganas dan memiliki tingkah laku yang brutal,” bebernya.

Selain itu juga sulit berkonsentrasi, sering merasa kesal dan tertekan bahkan cenderung menyakiti diri, memiliki perasaan tidak aman, paling parah ingin bunuh diri. (agg)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!