Dunia Pendidikan Diharapkan Turut Lestarikan Budaya

 Dunia Pendidikan Diharapkan Turut Lestarikan Budaya

KALTENGNEWS.co.id – SAMPIT – Pendidikan memiliki peran dalam hal pewarisan budaya serta pelestariannya, khususnya budaya-budaya daerah yang hampir punah lantaran generasi penerus yang lebih menyukai budaya luar.

“Budaya merupakan bagian yang tak terpisahkan dari diri manusia, sehingga banyak orang cenderung menganggapnya diwariskan secara genetis. Ketika seseorang berusaha berkomunikasi dengan orang-orang yang berbeda budaya dan menyesuaikan perbedaan-perbedaanya, membuktikan bahwa budaya itu dipelajari,” kata Kepala SDN 7 Ketapang, Sampit, Ahmad Basuki, Kamis 9 Februari 2023.

Maka dari itu, ujarnya, penting bagi dunia pendidikan khususnya di sekolah untuk mengajarkan peserta didik tentang budaya daerah sehingga anak-anak bisa belajar dan memahaminya hingga kelak ikut melestarikannya.

“Indonesia dengan Negara kepulauan yang penuh dengan kekayaan dan keragaman budaya, ras, bahasa daerah, suku bangsa, agama dan kepercayaan. Maka perlu kita kenalkan ragam budaya kita,” sebut Basuki.

Dengan demikian budaya yang datang dari luar Indonesia tidak diterima secara mentah-mentah oleh generasi muda, agar tidak terjadi fenomena lebih mencintai kebudayaan asing oleh generasi muda.

“Hal yang paling utama yang bisa dilakukan di sekolah yakni mengajak para pelajar untuk mengenali budaya Nusantara di daerah masing-masing, dengan mengenal budaya, pahami apa saja budaya yang diwariskan oleh nenek moyang maka akan lebih mudah untuk melestarikan budaya,” tuturnya. (agg)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!