Dorong Pertumbuhan Ekonomi Hijau, KPw BI Kalteng dan UPR Gelar Kuliah Umum

 Dorong Pertumbuhan Ekonomi Hijau, KPw BI Kalteng dan UPR Gelar Kuliah Umum

FOTO BERSAMA : Rektor UPR Prof. Dr. Ir. Salampak, MS (paling kiri); saat sesi foto bersama dengan narasumber kegiatan. Foto Ist.

Kaltengnews.co.id – PALANGKA RAYA – Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia (KPw-BI) Provinsi Kalimantan Tengah bersama United Nations Sustainable Development Solution Network (UN SDSN) dan Universitas Palangka Raya (UPR) menggelar kuliah umum, dengan mengusung tema “Starting Green Transition in Kalimantan to Entrench Economic Dynamism, Social Progress, and Environmental Sustainability”. Kegiatan berlangsung di Aula Rahan, Lantai II Gedung Rektorat UPR, Jumat (10/02/2023) pagi.

Rektor Universitas Palangka Raya, Prof. Dr. Ir. Salampak, M.S dalam sambutannya menyampaikan apresiasi serta sambutan hangat kepada Prof. Wing Thye Woo, Prof. Mazlin Bin Mokhtar dan Prof. Leong Yeun Yoong yang sudah berkenan hadir di Universitas Palangka Raya.

“Universitas Palangka Raya sangat mendukung program-program dalam rangka mewujudkan Kalimantan Hijau melalui pendekatan ekonomi hijau sebagai sumber pertumbuhan ekonomi baru di Kalimantan,” ujarnya.

Selanjutnya Prof. Salampak juga menyebut Pola Ilmiah Pokok Universitas Palangka Raya sebagaimana yang tertuang dalam Statuta UPR, yaitu “Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dengan Arah Pengembangan pada Daerah Rawa Gambut Tropika serta Daerah Aliran Sungai dan Lingkungannya”.

Menurutnya, pola ilmiah ini mengarahkan semua pihak harus memberikan perhatian yang utuh untuk menjaga ekosistem lahan gambut melalui kegiatan penelitian, pengabdian dan kurikulum pembelajaran.

“Untuk mewujudkan pola ilmiah ini, kami mengharapkan kerjasama dalam pemberdayaan masyarakat di lahan gambut agar masyarakat bukan hanya menjadi perambah hutan dan lingkungan, tetapi menjadi penjaga hutan, penjaga sungai, dan penjaga lahan gambut,” ujarnya lagi.

Dia juga mengatakan untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan di Kalimantan, khususnya Kalimantan Tengah ini, dengan memperkuat dinamika ekonomi, kemajuan sosial dan kelestarian lingkungan.

Sementara itu, masih di hari dan kegiatan yang sama, Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Koordinator Wilayah Kalimantan, Bimo Epyanto menyampaikan saat ini Pemerintah Indonesia punya komitmen dalam mendukung penurunan emisi gas rumah kaca dalam mendukung pertumbuhan ekonomi hijau dan lingkungan yang berkelanjutan.

“Dinamika dan tantangan ini kita yang di Kalimantan perlu berkolaborasi dalam memandang Kalimantan di masa yang akan datang yang sarat akan ekonomui hijau dan berkelanjutan dengan memperhatikan daya dukung lingkungan yang nantinya berdampak kepada kesejahteraan masyarakat,” terangnya.

Lanjutnya, melalui rencana pembangunan ekonomi berwawasan lingkungan menitik beratkan pada pembangunan yang rendah karbon dan mencegah hilangnya keanekaragaman hayati.

“Kuliah Umum ini merupakan rangkaian ketiga yang sudah dilaksanakan di Kalimantan Barat, di Kalimantan Timur dan saat ini di Kalimantan Tengah,” timpalnya.

Bimo menambahkan Provinsi Kalimantan Tengah sedang menuju pertumbuhan ekonomi hijau (green growth) yang selaras, serasi, dan seimbang antara 3 (tiga) pilar utama pembangunan, yakni pertumbuhan yang ramah lingkungan; meningkatkan kesejahteraan masyarakat; dan pertumbuhan ekonomi secara berkeadilan dan berkelanjutan agar dapat meningkatkan kesejahteraan dan kesetaraan sosial masyarakat Kalimantan Tengah, sekaligus mengurangi risiko kerusakan lingkungan secara signifikan.

Sekedar menginformasikan, Kuliah Umum dibuka secara resmi oleh Rektor UPR Prof. Dr. Ir. Salampak, MS. Kegiatan juga menghadirkan narasumber Prof. Wing Thye Woo dari University of California; Davis yang juga sebagai Wakil Presiden UN SDSN dan dipandu oleh moderator Hendrik Segah, P.hD, serta diikuti oleh mahasiswa dari Fakultas Pertanian, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, dan Fakultas Teknik Universitas Palangka Raya. (YS)

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 

KALTENGNEWS TV

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!