Camat Diminta Maksimal Dampingi Desa

 Camat Diminta Maksimal Dampingi Desa

FOTO : Salah satu Pejabat Kepala Desa menandatangani pakta integritas di hadapan Bupati Lamandau Hendra Lesmana.

KALTENGNEWS.co.id – Nanga Bulik – Bupati Lamandau, Hendra Lesmana meminta para camat memberi pendampingan semaksimalnya kepada pemerintahan desa dalam pengelolaan keuangan desa di wilayahnya masing – masing.

“Beri pendampingan maksimal terkait pengelolaan keuangan desa mulai dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, sampai dengan pertanggungjawaban,” kata Hendra di Nanga Bulik. Rabu 1 Februari 2023.

Permintaan yang sama ditujukan juga kepada para pendamping desa. Dengan demikian diharapkan ke depannya pemerintah desa dalam pengelolaan keuangan desa dapat menjadi mandiri.

Instruksi khusus dia berikan kepada para camat yang pada wilayahnya terdapat penjabat kepala desa yang baru dilantik. Camat diminta segera memfasilitasi serah terima jabatan antara pejabat yang lama dengan yang baru, termasuk tanda terima aset dan keuangan.

“Laksanakan segera serah terima jabatan antara pejabat yang lama dengan yang baru guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” tegasnya.

Sedangkan kepada pejabat kepala desa yang baru dilantik, orang nomor satu di Kabupaten berjuluk Bumi Bahaum Bakuba ini meminta agar cepat beradaptasi sehingga bisa memperhatikan tugas dan fungsi serta wewenangnya.

Harapannya mereka dapat menerapkan tata kelola pemerintahan yang baik, sehingga terhindar dari kesalahan-kesalahan yang dapat merugikan keuangan negara, sehingga berakibat terjerat hukum.

Bupati Hendra juga meminta kepada para damang kepala adat, agar menegakkan budaya dengan memberdayakan, melestarikan dan mengembangkan adat dan pranata adat.

Menurutnya, damang merupakan mitra camat dalam bidang pemberdayaan, pelestarian, pengembangan adat istiadat, kebiasaan-kebiasaan masyarakat dan lembaga adat serta hukum adat.

“Saya minta para damang proaktif menjaga kerukunan dan kedamaian antar kelompok atau golongan sehingga kondusifitas daerah tetap terjaga,” pungkasnya.(fah/aga)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!