Budayakan Literasi Sejak Dini

 Budayakan Literasi Sejak Dini

KALTENGNEWS.co.id – SAMPIT – Pentingnya kegiatan literasi diajarkan pada peserta didik sejak dini harus diterapkan oleh semua instansi pendidikan, guna menanamkan rasa ingin tahu pada peserta didik sehingga mereka rajin belajar.

“Literasi yang dilakukan sejak dini, yang telah diterapkan dapat memberikan dampak positif terhadap prestasi akademik bagi anak. Anak-anak yang terbiasa dikenalkan dengan dunia literasi memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik di lingkungannya,” kata Kepala SMAN 3 Sampit, Livenur Hasby, Sabtu 11 Februari 2023.

Maka dari itu, pihaknya selalu mengajak para peserta didik untuk membaca satu buku sebelum memulai pembelajaran pada pagi hari, yakni anak anak diperbolehkan memilih buku bacaan masing-masing.

“Karena dalam mengajarkan literasi, kita tidak bisa langsung menyuruh anak membaca buku pelajaran atau buku tentang teori yang berat, namun harus dimulai dari buku yang mereka sukai terlebih dahulu,” tegasnya.

Dilanjutkan, setelah terbiasa melakukan kegiatan membaca kemudian perlahan diajak untuk membaca buku pelajaran yang dapat menambah wawasan.

“Tidak bisa memaksakan pertumbuhan anak sesuai kemauan orangtua, seperti menyuruh belajar di luar kemampuan anak dengan maksud agar kelak menjadi pintar. Yang terpenting itu harus menunjukkan sikap dan perilaku yang baik dengan penuh kasih sayang karena anak-anak suka meniru kebiasaan orang-orang terdekatnya,” pungkasnya. (agg)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!