Berharap Kualitas Guru Makin Meningkat

 Berharap Kualitas Guru Makin Meningkat

FOTO : Kepala Dinas Pendidikan Kotim, Susilawati.

KALTENGNEWS.co.id – SAMPIT – Berdasarkan hasil survei Political and Economic Risk Consultant (PERC), diketahui bahwa kualitas pendidikan di Indonesia menempati urutan terakhir dari 12 negara di Asia. Salah satu faktor yang menyebabkan rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia adalah kualitas guru.

Dar hasil observasi Putera Sampoerna Foundation selama lebih dari 20 tahun bergerak di sektor pendidikan, para guru, terutama di daerah 3T (terdepan, terpencil, dan tertinggal) sangat bersemangat untuk meningkatkan kompetensi mengajar.

“Hal ini bisa menjadi modal utama bagi kita di daerah untuk meningkatkan kualitas guru, dengan semangat para guru itu bisa mengikuti berbagai kegiatan yang sekarang ini banyak dilakukan secara gratis, seperti pelatihan dan lainnya,” kata Plt Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kotawaringin Timur (Kotim), Susiawati, Sabtu 4 Februari 2023.

Bahkan ia juga mengatakan, hal ini harus menjadi motivasi bagi semua guru khususnya di Kotim untuk terus meningkatkan kompetensi. Apalagi saat ini pemerintah tengah berupaya meningkatkan kualitas pendidikan melalui penyempurnaan kurikulum.

“Kami berharap semua yang terlibat dalam dunia pendidikan memberikan dukungan atas usaha tersebut dan turut mensukseskan programnya dengan mendaftarkan diri sebagai guru penggerak serta sekolah penggerak,” tegasnya.

Apalagi, kata Susi, dalam upaya itu guru yang mendaftar diberikan pendidikan dan pendampingan langsung dari ahlinya secara gratis. Sehingga ini merupakan kesempatan cemerlang untuk meningkatkan kualitas guru.

“Guru adalah kunci utamanya untuk menciptakan pendidikan bermutu dan juga outputnya nanti adalah sumber daya manusia (SDM) yang kompeten, khususnya dapat membantu pembangunan di daerah agar lebih maju,” pungkasnya. (agg)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!