TP-PKK Gumas Punya Peranan Penting Turunkan Angka Stunting

 TP-PKK Gumas Punya Peranan Penting Turunkan Angka Stunting

Foto: Tim penggerak PKK Kabupaten Gunung Mas saat mengikuti rapat konsultasi

Kaltengnews.co.id – KUALA KURUN – Bupati Gunung Mas Jaya S Monong mengajak Tim Penggerak PKK setempat agar selalu berkoordinasi dengan pihak terkait guna percepatan penurunan angka stunting di wilayah setempat.

“Saya mengajak untuk TP-PKK dari tingkat kabupaten sampai ke tingkat desa agar selalu berkoordinasi dengan satuan unit kerja dalam percepatan penurunan stunting untuk kabupaten gunung mas,” ujar Jaya, Sabtu (27/01/2023).

Hal tersebut perlu dilakukan lanjut Jaya lantaran ada beberapa kendala dalam percepatan pencegahan stunting yang perlu diperhatikan yang dikeluarkan oleh tim nasional percepatan penanggulangan kemiskinan.

Kendala yang pertama yakni, belum efektifnya program-program pencegahan stunting, belum optimalnya koordinasi penyelenggaraan intervensi gizi spesifik dan sensitif di semua tingkatan terkait dengan perencanaan dan penganggaran, penyelenggaraan, dan pemantauan dan evaluasi.

Kemudian, belum efektif dan efisiennya pengalokasian dan pemanfaatan sumber daya dan sumber dana, keterbatasan kapasitas dan kualitas penyelenggaraan program dan kendala lainnya yakni masih minimnya advokasi, dan diseminasi terkait stunting, dan berbagai upaya pencegahannya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Yulius mengatakan bahwa ada peran strategis TP PKK dalam pencegahan stunting di wilayah setempat.

“Peran strategis TP-PKK dalam pencegahan dan penanggulangan stunting yaitu sebagai kelompok potensial mitra pemerintah berfungsi sebagai fasilitator perencana dan penggerak,” jelasnya.

Lanjutnya, hal tersebut sejalan dengan tujuan pembangunan kesehatan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan, kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujudnya drajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya. (SG/HK/YS)

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!