Siswa Konsisten Rawat Kebun Sekolah

 Siswa Konsisten Rawat Kebun Sekolah

KALTENGNEWS.co.id – SAMPIT – Meski hasil kebun dari pelajar di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 9 Sampit sudah dipamerkan dalam acara gebyar implementasi kurikulum merdeka, namun kebun siswa itu masih terus dilanjutkan.

“Kemarin sudah panen bersama, dan sekarang kebunnya masih dirawat dan dilanjutkan oleh anak-anak. Bahkan jenis tanaman sayurannya sudah mulai bertambah, sekarang sudah ada pare-pare juga,” kata Kepala SMPN 9 Sampit, Suyoso, Rabu 11 Januari 2023.

Lanjutnya, sementara sebelumnya yang ditanam dan sudah dipanen yakni kangkung, tomat, cabai, bayam, buncis dan jagung. Sedangkan pare-pare yang merupakan jenis tanaman baru di kebun siswa ini sudah mulai berbuah.

“Tinggal menunggu buahnya besar saja lagi, nanti kita panen lagi bersama-sama. Namun selama ini memang sudah ada beberapa tanaman yang berbuah dan siap panen, jadi bagi siswa maupun guru yang ingin memanen untuk dibawa pulang juga bisa,” ucapnya.

Menurutnya, dengan adanya kebun siswa di sekolah ini membawa suasana baru di sekolah. Dimana anak-anak menjadi lebih suka bertanaman dibandingkan bermain, karena mereka senang melihat tanamannya berhasil sampai berbuah.

“Pada dasarnya anak-anak pasti akan senang jika melakukan sesuatu dan berhasil bahkan bisa menikmati hasilnya. Meski ada yang tidak suka makan sayur, namun mereka tetap semangat merawat tanaman sayurannya,” ucapnya. (agg)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!