Sikap Anak Dipengaruhi Media dan Teknologi

 Sikap Anak Dipengaruhi Media dan Teknologi

KALTENGNEWS.co.id – SAMPIT – Banyak faktor yang mempengaruhi terbentuknya sikap anak, yang mana paling berpengaruh pada zaman ini yaitu media dan teknologi, karena hampir setiap hari anak berhadapan dengan teknologi.

“Yang paling utama menjadi pengaruhnya, yakni dari media dan teknologi. Kurangnya pengawasan orangtua juga menjadi faktor terbentuknya sikap generasi muda saat ini serta juga ada pada faktor lingkungan anak berada,” kata Kepala SMPN 2 Sampit, Abdurrahman, Senin 23 Januari 2023.

Lanjutnya, orangtua harus memperhatikan apa saja kegiatan anaknya termasuk pada saat menggunakan gadget atau teknologi lainnya, sehingga anak tidak terpengaruh sikap-sikap negatif.

“Karena di media itu tidak bisa kita kontrol apa saja yang muncul, anak-anak bisa dengan bebas mengakses hal-hal negatif yang tidak bisa dijadikan pembelajaran seharusnya. Maka harus diawasi dalam penggunaannya,” tegasnya. Menurutnya, sekolah tidak bisa mengawasi anak selama 24 jam, sehingga perlu kerjasama dengan orangtua untuk membentuk sikap dan karakter anak.

“Pembelajaran yang diberikan di sekolah harus sejalan dengan pembelajaran yang diberikan orangtua saat berada di rumah, sehingga karakter anak bisa terbentuk sesuai dengan yang diharapkan,” pungkasnya. (agg)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!