Sejumlah Sekolah Bakal Naik Status

 Sejumlah Sekolah Bakal Naik Status

FOTO : Plt Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kotawaringin Timur (Kotim), Susiawati.

KALTENGNEWS.co.id – SAMPIT – Sejumlah sekolah di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) akan naik status, dari swasta menjadi negeri. Sekolah Dasar (SD) tersebut rata-rata telah dibangun sejak tahun 80 an.

“Ini sebagai upaya dalam peningkatan mutu pendidikan serta mengupayakan Pendidikan berkualitas bagi masyarakat yang jauh dari Perkotaan sehingga sulit menjangkau sekolah dengan jarak yang sangat jauh,” kata Plt Kepala Dinas Pendidikan Kotim, Susiawati, Kamis 26 Januari 2023.

Disebutkan, yang naik status yakni SDS Pantap di Kecamatan Mentaya Hulu, SDS Embang Batarung Jaya di Kecamatan Kota Besi, SDS Rantau Sawang dan SDS Rantau Suang di Kecamatan Telaga Antang.

“Pada awalnya sekolah ini memang digagas oleh Pemkab Kotim, namun karena keterbatasan anggaran sehingga akhirnya dikelola oleh pihak swasta. Meski demikian sekolah tetap masih banyak kekurangan pembiayaan terutama ketika guru di sekolah itu rata-rata adalah guru kontrak,” jelasnya.

Tambahnya, kenaikan status menjadi negeri diharapkan membuat sekolah bisa bangkit dan bertahan kembali karena sudah bisa terlibat dalam program-program dari Disdik.

“Apalagi sekolah ini berada di wilayah yang sangat jauh dari kota, sehingga memang diperlukannya bantuan untuk menunjang kegiatan belajar mengajar peserta didik,” pungkasnya. (agg)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!