Petani Gunung Mas Diminta Meningkatkan Pemanfaatan Lahan

 Petani Gunung Mas Diminta Meningkatkan Pemanfaatan Lahan

Foto: Wakil Bupati Gunung Mas Efrensia L.P Umbing saat membacakan sambutan tertulis Bupati Jaya S Monong di panen jagung hibrida milik poktan Katur I Desa Sepang Kota, Kamis (19/01/2023)

Kaltengnews.co.id – KUALA KURUN – Petani di Kecamatan Sepang dan sekitarnya diminta untuk meningkatkan pemanfaatan lahan. Hal tersebut diungkapkan oleh Bupati Gunung Mas Jaya S Monong melalui sambutan tertulis yang dibacakan oleh Wakil Bupati Efrensia L.P Umbing saat memberikan sambutan di kegiatan panen jagung hibrida dari kelompok tani Katur I Desa Sepang Kota kecamatan Sepang, Kamis (19/01/2023).

“Kepada para petani di Kabupaten Gunung Mas khususnya di wilayah Kecamatan Sepang untuk dapat lebih meningkatkan pemanfaatan lahan yang ada,” ujarnya.

Lanjutnya, dia berharap bantuan sarana produksi berupa benih jagung hibrida, pupuk dan obat-obatan dapat membantu para petani semakin giat dalam mengolah lahan pertaniannya.

“Sehingga hasil usaha tani dapat meningkat dan memberi dampak yang baik bagi perekonomian keluarga,” terangnya.

Dikatakannya, dalam program desa dengan dana ketahanan pangan untuk pelaksanaannya dapat berkoordinasi dengan Dinas Pertanian dan Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Gunung Mas baik pada saat perencanaan dan pelaksanaannya sesuai karakter masyarakat dan potensi desa itu sendiri.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Gunung Mas Letus Guntur mengatakan bahwa Poktan Katur I Desa Sepang Kota ini menanam jagung hibrida di lahan seluas 5 hektare.

“Kali ini, mereka bisa menghasilkan jagung pipil kering mencapai 8,8 ton per hektare,” ujarnya.

Lanjutnya, dia meminta agar poktan Katur I dapat meningkatkan lagi luasannya dan akhirnya menjadi pusat pemberdayaan masyarakat berbasis pertanian. “Mari tingkatkan indeks pertanamannya, dilakukan dua atau sampai tiga kali,” ucapnya.

Suami Rayaniatie Djangkan itu berharap, ke depannya, poktan Katur I bisa memanfaatkan lahan dengan pola integrated farming. (SG/HK/YS)

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!