Peserta Didik Diimbau Jaga Hidup Sehat

 Peserta Didik Diimbau Jaga Hidup Sehat

FOTO : Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kotim Susiawati

KALTENGNEWS.co.id – SAMPIT – Satu diantara 4 anak usia sekolah menderita anemia yang dapat mengganggu efektifitas kegiatan belajar serta pertumbuhan mereka.

“Menjaga kesehatan anak tidak hanya peran orang tua namun juga sekolah serta pemerintah dalam hal ini untuk memberikan pendampingan dan arahan terkait pola hidup sehat dan juga gizi seimbang,” kata Plt Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Susiawati pada Jumat 6 Januari 2023.

Ia berharap, sekolah selalu mengawasi peserta didik baik dari segi kegiatan yang mereka lakukan selama berada di lingkungan sekolah maupun kondisi lingkungan yang dapat mempengaruhi kesehatan mereka. Sementara itu, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan (Dinkes) Kotim dr. Noorliyana mengatakan, Pemerintah melalui Dinkes Kotim telah melakukan pendampingan meski belum rutin di beberapa sekolah di Kotim.

“Yang pernah kita pantau langsung yaitu di SMPN-3 Mentaya Hulu, SMPS Sekar Sari (PT. Sarpatim) Kecamatan Bukit Santuai dan SMPS IT Al Ishlah (Desa Waringin Agung) Kecamatan Antang Kalang, sementara lainnya rata-rata Puskesmas setempat yang memantau,” ucapnya.

Menurutnya, pendampingan yang dilakukan berupa pengecekan makanan yang tersedia di kantin sekolah, memberikan pemahaman tentang fungsi kantin sehat dan makanan sehat serta bergizi yang harus disediakan kantin sekolah.

“Apalagi pada usia sekolah tersebut, anak-anak membutuhkan energi untuk memenuhi aktivitas, dimana pagi hari mereka sudah berangkat ke sekolah, kegiatan belajar termasuk di sekolah maupun BDR. Lanjut lagi dengan kegiatan ekstrakurikuler, bermain, sore hari mereka mengerjakan tugas dari sekolah di rumah, serta mungkin membantu orang tua,” ungkapnya. (ky)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!