Pengelolaan Kantin Sehat Diserahkan ke Sekolah Masing-Masing

 Pengelolaan Kantin Sehat Diserahkan ke Sekolah Masing-Masing

FOTO : Potret pelaksanaan PTM di salah satu sekolah di Kota Palangka Raya.

KALTENGNEWS.co.id – SAMPIT – Komitmen dan Manajemen Sekolah termasuk dalam monitoring/supervisi dan evaluasi diri penyelenggaraan kantin dan jajanan sehat di sekolah.

“Kepala Sekolah adalah pemimpin dalam pengelolaan Kantin Sekolah, komponen lainnya dapat berjalan dengan baik dan berkelanjutan jika ada peran leadership Kepala Sekolah,” kata Plt Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Susiawati, Selasa 10 Januari 2023.

Lanjutnya, maka dari itu pengelolaan kantin sekolah sehat ini diserahkan kepada masing-masing sekolah di bawah kepemimpinan kepala sekolah untuk bisa mewujudkannya dan menjaga keamanan warga sekolah.

“Komitmen dan manajemen harus disertai monitoring atau supervisi secara berkala untuk memastikan kantin dan jajanan sehat dapat diterapkan dengan baik di sekolah,” ucapnya.

Selain itu lanjutnya, Sumber Daya Manusia (SDM) di sekolah juga harus mempunyai pengetahuan dan keterampilan dalam mengelola kantin dan jajanan sehat di sekolah.

“Pembinaan dan penguatan tentang hygiene sanitasi atau keamanan pangan sangat penting diberikan kepada penjamah makanan termasuk orang tua dan tim pelaksana atau penyelenggara kantin sekolah. Hasil pembinaan atau penguatan ini harus diterapkan. Sekolah dapat melibatkan institusi atau mitra lainnya untuk melakukan pembinaan,” jelasnya. (Ky)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!