Pencegahan Ablasi Perlu Dilakukan secara Komprehensif dan Berkelanjutan 

 Pencegahan Ablasi Perlu Dilakukan secara Komprehensif dan Berkelanjutan 

ABLASI : Ablasi tanah terjadi di pemukiman warga di Flamboyan Bawah. Tepatnya di Gang Sepakat, Kelurahan Langkai, Kecamatan Pahandut, Kota Palangka Raya. Foto Ist

Kaltengnews.co.id – PALANGKA RAYA – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu mengatakan, Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya, secara komprehensif dan berkelanjutan, melakukan penanganan sekaligus mengantisipasi dampak ablasi di Palangka Raya.

Bicara untuk jangka pendek kata Hera, maka Pemko Palangka Raya akan mengusahakan program bantuan perumahan. Terutama dikhususkan atau diperuntukan bagi warga terdampak (skala kedaruratan), melalui Dinas Perumahan Rakya Pemukiman dan Pertanahan (Disperkimtan) Kota Palangka Raya.

Sedangkan untuk jangka menengah akan ditangani dalam skala yang lebih luas lagi (relokasi). “Tentu membutuhkan waktu dan koordinasi yang melibatkan pemerintah provinsi dan kementerian terkait,” ungkapnya. Minggu (15/1/2023), di Palangka Raya.

Disampaikan Hera, dirinya baru saja kembali dari Jakarta, setelah melakukan pertemuan dengan pihak Kementerian PUPR guna menyampaikan usulan program Pemerintah Kota Palangka Raya.

“Pak Wali Kota Palangka Raya ingin penanganan dan pencegahan dampak ablasi di Palangka Raya ini secara komprehensif dan berkelanjutan,”tambahnya.

Memang lanjut Sekda, tidak mudah untuk secepatnya mendapatkan realisasi, namun Pemko Palangka Raya akan terus berusaha sebagaimana keinginan Wali Kota Palangka Raya dalam melindungi warganya dari ancaman potensi ablasi yang lebih luas.

Perlu diketahui tambah Hera, untuk jangka panjang kawasan bantaran sungai khususnya Flamboyan Bawah, telah direncanakan sebagai kawasan waterfront city oleh pihak pemprov dan pemko. Untuk itu Pemko Palangka Raya tentu akan mendukung agar wajah kekumuhan pada lokasi tersebut kedepannya akan berubah, menjadi kawasan wisata pinggiran sungai yang indah.

“Maka itu, untuk perencanaan maupun skema-skema pembangunn perumahan untuk relokasi kedepan, sedang kami kaji secara komprehensif,” pungkasnya.(VD/YS)

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di sini 👇

KALTENGNEWS TV  

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *