Orangtua Diimbau Ketahui Pola Asah, Asih dan Asuh

 Orangtua Diimbau Ketahui Pola Asah, Asih dan Asuh

KALTENGNEWS.co.id – SAMPIT – Banyak cara untuk memberikan pembelajaran kepada anak maupun peserta didik di sekolah, salah satunya belajar dari pengalaman yang pernah mereka rasakan atau dari pengalaman orang-orang terdekat termasuk orangtua.

“Sekolah dan orangtua bisa saling asah, asih dan asuh dalam memberikan pembelajaran, artinya saling menajamkan pikiran dan saling mengingatkan, asih artinya saling mengasihi, dan asuh artinya saling membimbing,” kata Kabid Pembinaan SMP Dinas Pendidikan (Disdik) Kotawaringin Timur (Kotim), Suyoso, Sabtu 21 Januari 2023.

Lanjutnya, yang terpenting juga sekolah perlu mempertimbangkan bahwa orangtua adalah orang yang berpengalaman, maka jadikan pengalaman mereka sebagai sumber belajar juga.

“Misalnya, pengalaman orangtua dalam memberikan pengasuhan positif di antara keterbatasan, pengalaman dalam memberikan makanan bergizi sesuai dengan sumber daya pangan lokal,” sebutnya.

Penggalian pengalaman orangtua dapat menjadi pijakan untuk pembahasan mengenai tema yang akan diberikan kepada anak.

“Orangtua adalah orang yang mandiri, maka penting untuk mendorong kemandirian dalam belajar dengan menumbuhkan kesadaran dan kebutuhan untuk berubah dari dalam diri (motivasi internal),” tegasnya.

Kerjasama antara orangtua dan sekolah lanjutnya, harus didasarkan oleh kebutuhan dan kepentingan untuk pertumbuhan dan perkembangan anak.

“Harus fokus untuk mendukung orangtua menjalankan perannya dalam menyiapkan anak bertumbuh dan berkembang. Sehingga dalam diskusi yang dilakukan antara orangtua dan sekolah difokuskan pada pemecahan masalah pada kebutuhan anak,” pungkasnya. (agg)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!