Orangtua Berperan Bentuk Karakter Anak

 Orangtua Berperan Bentuk Karakter Anak

KALTENGNEWS.co.id – SAMPIT – Peran orangtua dalam membentuk lingkungan belajar sangatlah penting, terutama lingkungan yang inklusif, sehingga pembelajaran yang di dapat di sekolah bisa maksimal.

Satuan pendidikan memiliki peran penting dalam menyediakan layanan yang memenuhi, melindungi dan menghormati setiap anak serta dapat menghargai adanya perbedaan.

“Sementara orangtua, dapat berperan sebagai mitra dalam mengembangkan lingkungan belajar yang inklusif dan budaya menghargai perbedaan yang diterapkan di lingkungan satuan dapat secara konsisten diterapkan di rumah,” kata Kabid Pembinaan SMP Dinas Pendidikan (Disdik) Kotawaringin Timur (Kotim), Suyoso, Rabu 18 Januari 2023.

Lanjutnya, mengembangkan lingkungan belajar dan pengasuhan yang inklusif adalah bagian dari usaha bersama untuk mencegah perilaku intoleran dan perundungan (bullying) serta kekerasan seksual, baik di lingkungan satuan pendidikan, di rumah dan di lingkungan sekitar anak. Maka dari itu perlu kerjasama semua yang terlibat dalam lingkungan anak.

“Jika sejak dini anak ditanamkan nilai-nilai yang menghargai keberagaman, interaksi sosial yang saling menghargai, sekaligus kemampuan untuk melindungi diri sendiri, maka akan menjadi salah satu faktor yang mendukung tumbuh kembang anak secara optimal,” jelasnya. (agg)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!