Optimalkan Penerapan UHC di Seluruh Puskesmas

 Optimalkan Penerapan UHC di Seluruh Puskesmas

FOTO : Bupati Lamandau Hendra Lesmana berbincang dengan salah satu Nakes saat meninjau pelayanan kesehatan di Puskesmas Bulik. (FOTO : BAYU EKO)

KALTENGNEWS.co.id – Nanga Bulik – Agar program Universal Health Coverage (UHC) dapat diaplikasikan optimal dan menjangkau seluruh masyarakat di Kabupaten Lamandau, Bupati Hendra Lesmana memastikan kesiapan Puskesmas yang tersebar di seluruh Kabupaten setempat.

Orang nomor satu di Kabupaten Lamandau itu, meminta kepada seluruh Kepala Puskesmas untuk mempersiapkannya, baik dari segi kesiapan tenaga kesehatan (Nakes) maupun dari mekanisme pelayanan.

Sehingga, penerapan UHC yang bertujuan menjamin kesehatan serta memastikan setiap warga memiliki akses terhadap pelayanan kesehatan secara promotif, preventif, kuratif rehabilitatif dengan biaya terjangkau dapat terlaksana maksimal.

“UHC ini bertujuan untuk memberikan akses dan kemudahan kepada masyarakat kita, karena kesehatan merupakan hak dasar bagi masyarakat,” kata Bupati di Nanga Bulik. Rabu, 11 Januari 2023.

Hal itu, lanjut Bupati, supaya ada kesamaan akses layanan kesehatan bagi masyarakat. Pasalnya, setiap warga membutuhkan dan berhak mendapatkan pelayanan kesehatan yang optimal.

“Bukan hanya bagi mereka yang mampu membayar saja. Ini yang perlu dipahami,” ungkap Bupati.

Menurut Bupati, peningkatan kualitas pelayanan kesehatan sudah pasti harus dibarengi dengan peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) Nakes dalam memberikan layanan.

“Sudah menjadi sebuah kewajiban bagi Nakes untuk saling berlomba meningkatkan kinerja dan kualitas pelayanan,” ujarnya.

Dijelaskan Bupati, UHC dapat dimanfaatkan oleh masyarakat yang memiliki KTP. Bagi yang belum memiliki KTP dapat menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Kartu Keluarga sebagai syarat untuk berobat.

Ia meminta kepada Dinas Kesehatan dan pihak terkait untuk intens melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang UHC. Sehingga dalam pelaksanaannya benar-benar dapat dimanfaatkan dan diakses oleh masyarakat.

“Ini harapan saya di awal tahun 2023 ini. Untuk selanjutnya, saya kira evaluasi-evaluasi dan koordinasi terutama yang berkaitan dengan sinkronisasi,” pungkasnya.(EK/Agg)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!