Maksimalkan Pembangunan Sektor Pangan untuk Hadapi Wacana Resesi Ekonomi Global 2023

 Maksimalkan Pembangunan Sektor Pangan untuk Hadapi Wacana Resesi Ekonomi Global 2023

FOTO : Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Kalimantan Tengah, H. Purman Jaya. Foto Yundhy Satrya

 

Kaltengnews.co.id – PALANGKA RAYA – Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Purman Jaya mendorong pemerintah daerah (Pemda) baik itu pemerintah kabupaten maupun kota di wilayah Kalimantan Tengah ini, supaya tetap fokus untuk melaksanakan program peningkatan ketahanan pangan, baik itu di sektor pertanian, perikanan maupun perkebunan, guna menghadapi wacana resesi ekonomi global tahun 2023.

Menurut Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Kalimantan Tengah ini, adanya isu dunia terkait ancaman resesi ekonomi global tahun 2023, tentunya perlu dihadapi dengan berbagai kesiapsiagaan, yakni salah satunya melalui cara meningkatkan hasil produksi pangan di sektor pertanian, perikanan maupun perkebunan.

“Situasi pandemi Covid-19 yang terjadi pada beberapa tahun kemaren yang telah berhasil dilalui bersama, menjadi suatu pembelajaran beharga. Dimana, di saat pandemi Covid-19 melanda, berbagai sektor khususnya sektor ekonomi masyarakat sempat mengalami “goncangan” atau dampak yang dahsyat. Namun, kondisi demikian tidak terlalu berpengaruh di wilayah Kalimantan Tengah ini. Pasalnya, pemerintah daerah hingga pemerintah pusat telah menjalankan sejumlah program strategis, khususnya dalam pembangunan di sektor ketahanan pangan, seperti adanya program strategis nasional Food Estate di Kalimantan Tengah,” ujarnya, saat dibincangi redaksi Kaltengnews.co.id, Selasa (10/01/2023) pagi.

Begitupun nanti, sambung Legislator dari fraksi PKB DPRD Provinsi Kalimantan Tengah ini juga mengatakan ketika menghadapi resesi ekonomi global tahun 2023 ini, program pembangunan di sektor ketahanan pangan hendaknya kedepan tetap menjadi fokus utama dari pemerintah.

“Kondisi sulit (resesi ekonomi global 2023, red) nanti, menuntut semua pihak untuk melakukan kesiapsiagaan, dengan cara peningkatan berbagai kegiatan ekonomi masyarakat, melalui sektor perikanan, pertanian maupun perkebunan. Sehingga, diharapkan pengaruh-pengaruh dari resesi ekonomi global dapat diminimalisir, dan kehidupan masyarakat di Kalimantan Tengah dapat berjalan dengan baik,” tandas H. Purman Jaya yang merupakan Wakil Rakyat asal Daerah Pemilihan (Dapil) Kalteng IV, meliputi Kabupaten Murung Raya, Barito Timur, Barito Selatan dan Barito Utara. (YS)

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di sini

KALTENGNEWS TV

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *