Kualitas PAUD Diharapkan Makin Meningkat

 Kualitas PAUD Diharapkan Makin Meningkat

FOTO : Pagelaran Seni Tari Nusantara Anak Usia Dini Prodi PG-PAUD FKIP UPR yang dipertunjukkan oleh anak-anak dari TK/PAUD MITRA MAGANG dan peserta eksternal lainnya, Sabtu (10/12/2022) pagi.

KALTENGNEWS.co.id – SAMPIT – Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) diharapkan semakin meningkat pada 2023 ini, yang mana selama ini Angka Partisipasi Kasar (APK) PAUD di Kotim yang memang masih rendah dari seharusnya.

“Terlebih setelah masa Covid-19 kemarin, anak-anak yang masuk ke PAUD turun drastis bahkan ada yang sampai terpaksa tutup lantaran tidak memiliki anak didik, karena banyak orang tua memilih untuk tidak memasukkan anak-anak di PAUD dengan alasan sama saja belajar dari rumah,” kata Kabid Pembinaan PAUD PNF Disdik Kotim Arief melalui Kasi Pembinaan PAUD PNF Akbar, Kamis 28 Januari 2023.

Menurutnya, untuk Pendidikan Anak Usia Dini sebenarnya merupakan tanggung jawab semua pihak termasuk masyarakat dan pemerintah, dan untuk pemerintah memerlukan sinergitas antar satuan organisasi perangkat daerah (SOPD).

“Karena Perkembangan Anak Usia Dini harus dilaksanakan secara Holistik dan Integratif. Pembelajaran holistik integratif merupakan model pembelajaran yang mengaplikasikan prinsip-prinsip perkembangan anak usia dini,” jelasnya.

Yaitu kata Akbar, melalui kegiatan bermain yang sekaligus merupakan proses belajar bagi anak didik. Proses pembelajarannya menekankan pada aktivitas pembelajaran berpusat pada anak.

“Tokoh-tokoh masyarakat dan pemerintahan juga bisa melakukan sosialisasi secara langsung dengan mengingatkan serta mengajak masyarakat untuk menyekolahkan anaknya sejak usia PAUD yaitu 4 sampai 6 tahun,” ujarnya. (Ky)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!