Jadi “Trigger” Tekan Inflasi, Pemkot Lakukan Gerakan Bersama Menanam

 Jadi “Trigger” Tekan Inflasi, Pemkot Lakukan Gerakan Bersama Menanam

FOTO : Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya, yang melaksanakan gerakan menanam bersama,Jumat (27/1/2023).Foto Ist

Kaltengnews.co.id – Palangka Raya – Upaya menjaga ketahanan pangan sekaligus menekan inflasi, terus dilakukan dengan berbagai cara dan upaya oleh pemerintah daerah. Seperi dilakukan Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya, yang melaksanakan gerakan menanam bersama, Jumat (27/1/2023).

Kegiatan yang mengambil tempat di area pekarangan lingkungan Kantor Wali Kota Palangka Raya tersebut, ditandai dengan menanam sejumlah bibit komoditas. Diantaranya, komoditas cabai, bawang merah dan sayuran lainnya.

“Gerakan menanam bersama ini dapat menjadi trigger bagi masyarakat. Terutama membantu menekan permintaan (demand) akan komoditi yang memiliki potensi penyumbang inflasi,” ungkap Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin, saat memimpin langsung kegiatan menanam bersama sayur.

Sementara itu imbuh wali kota, tujuan akhir dari hasil menanam sayuran ini pada akhirnya dapat menekan angka inflasi secara bersamaan.
“Setidaknya bagi masyarakat yang melakukan bercocok tanam sayur, maka hasilnya minimal mencukupi kebutuhan keluarga bahkan masyarakat (urban farming),”tuturnya.

Kembali terkait kegiatan menanam bersama dilingkup Pemko Palangka Raya, maka ungkap Fairid, implementasinya secara khusus dilakukan secara mandiri oleh seluruh OPD di lingkungan Pemko Palangka Raya. “Menanam sayur ini harus dilakukan secara berkelanjutan sampai panen di masing-masing OPD,” tuturnya.

Sementara itu, salah satu petugas lapangan kegiatan menanam sayur, Eka Rahmawati menyebutkan, dalam kegiatan itu disebar bibit Iabai, bawang merah, dan sayuran lainnya (salah satunya daun sop) berjumlah 1000 bibit, yang berasal dari Dinas Pertanian Kota Palangka Raya.

“Selain itu disediakan pula sebanyak 264 bibit cabai untuk ditanam. Nah, jadi sesuai instruksi Wali Kota Palangka Raya maka kami akan merawatnya sampai hari panen tiba,”pungkasnya.(RED/VD)

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!