Inilah Pentingnya Pembelajaran Berbasis Rumah

 Inilah Pentingnya Pembelajaran Berbasis Rumah

KALTENGNEWS.co.id – SAMPIT – Salah satu cara dalam memastikan keselarasan stimulasi yang diberikan di satuan maupun di rumah adalah melalui pembelajaran berbasis rumah.

“Pembelajaran berbasis rumah yaitu prinsip pembelajaran berbasis rumah adalah menjadikan rumah sebagai sumber serta tempat belajar dan bermain,” kata Kepala TK Islam Taman Hati, Nita, Kamis 19 Januari 2023.

Lanjutnya, manfaat memakai metode pembelajaran berbasis rumah dalam memastikan keberlangsungan stimulasi yang ada di satuan maupun di rumah yakni menjadi salah satu alternatif kegiatan kelas orangtua.

“Manfaat lainnya yakni semua yang ada di rumah dapat dijadikan sumber belajar. Sehingga anak merasa senang saat belajar, karena merasa seperti bermain dengan orang tua,” ucapnya.

Nita mencontohkan, kegiatan belajar berbasis rumah yakni mengenal tanaman (anak diajarkan mengenai tanaman tertentu), menghitung jumlah daun (menambah dan mengurangi daun) atau membantu orangtua di kebun sambil diajak berhitung, misal jumlah tanaman di satu baris, menghitung jumlah daun, dan lainnya.

“Bisa juga orangtua mengajak anak untuk melakukan permainan tradisional, yang mana akan menstimulasi perkembangan motorik kasar, sosial emosional (bekerjasama, negosiasi) anak,” pungkasnya. (agg)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!