Ini Pentingnya Upacara Bagi Peserta Didik

 Ini Pentingnya Upacara Bagi Peserta Didik

KALTENGNEWS.co.id – SAMPIT – Upacara bendera yang rutin dilaksanakan setiap hari Senin menjadi rutinitas untuk membentuk karakter siswa yang berjiwa nasionalis.

“Melalui kegiatan upacara bendera bisa menumbuhkan jiwa nasionalisme. Hal ini karena upacara bukan hanya ritual semata. Dalam pelaksanaannya upacara menjadi satu di antara cara untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang merebut kemerdekaan,” kata Kepala SMPN 9 Sampit, Supriyono, Senin 16 Januari 2023.

Lanjutnya, oleh karena itu, kegiatan ini juga bisa memupuk rasa nasionalisme anak bangsa. Selain itu juga bisa meningkatkan kekompakan dan kebersamaan.

“Saat mengikuti kegiatan ini, peserta upacara harus kompak dalam mengikuti aturan dan aba-aba dari petugas upacara. Dengan begitu, hal ini bisa menunjukkan rasa kebersamaan selama mengikuti susunan upacara dari awal sampai akhir,” ucapnya.

Lanjutnya, upacara yang dilaksanakan ini tentu saja merupakan kegiatan yang bermanfaat yang baik dalam membentuk karakter seseorang.

“Kegiatan ini bisa menumbuhkan jiwa kepemimpinan para siswa dan rasa tanggung jawab bersama, terlebih bagi mereka yang ditunjuk sebagai petugas dalam upacara bendera. Selain itu, masih banyak manfaat upacara bendera yang bisa didapatkan,” pungkasnya. (agg)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!