Empat SD Swasta di Kotim Naik Status Menjadi Negeri

 Empat SD Swasta di Kotim Naik Status Menjadi Negeri

FOTO : Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kotim Susiawati

 

Kaltengnews.co.id – SAMPIT – Untuk meminimalisir anak yang berada di daerah pedalaman putus sekolah, Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah (Kalteng) bakal menaikkan status empat Sekolah Dasar (SD) yang termasuk berada di wilayah terpencil.

“Benar ada empat SD yang bakal naik status dari swasta ke negeri. Sekolah itu berada di wilayah terpencil,” kata Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kotim Susiawati, Rabu (11/1/2023).

Menurutnya, upaya ini dilakukan untuk memperhatikan pendidikan bagi siswa yang tinggal jauh dari perkotaan.

“Status dari swasta ke negeri empat SD itu dalam waktu dekat akan dinaikkan,” ujarnya.

Empat sekolah tersebut adalah, SD Swasta (SDS) Pantap di Kecamatan Mentaya Hulu, SDS Embang Batarung Jaya di Kecamatan Kotabesi, SDS Rantau Sawang dan SDS Rantau Suang di Kecamatan Telaga Antang. Keempat sekolah dasar tersebut rata-rata dibangun sekitar tahun 1980.

Pada mulanya penggagas satuan pendidikan tersebut adalah Pemkab Kotim, namun karena keterbatasan anggaran akhirnya dikelola oleh yayasan.

Rata-rata tenaga pendidik dari keempat SDS itu merupakan tenaga kontrak, sehingga yayasan kesulitan mencari pembiayaan tenaga pendidik. Meskipun pihak Disdik sudah memberikan bantuan pembiayaan sekolah.

Kenaikan status satuan pendidikan ini diharapkan mampu membangkitkan kembali sekolah tersebut melalui program Disdik Kotim.

“Kenaikan status SDS menjadi SDN ini terutama untuk menjaga peserta didik yang
secara geografis mereka jauh dari jangkauan sekolah lain,” pungkasnya.
(Tbk/YS)

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 

KALTENGNEWS TV

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *