Empat Hal Penting jadi Perhatian SOPD Gunung Mas 

 Empat Hal Penting jadi Perhatian SOPD Gunung Mas 

FOTO : Wakil Bupati Gumas Efrensia LP Umbing bersama asisten dan kepala OPD di aula kantor Bappeda setempat, di Desember lalu. 

Kaltengnews.co.id – KUALA KURUN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunung Mas menggelar Rapat Koordinasi dan Pengendalian (Rakordal) pada beberapa waktu lalu. Dimana, ada empat prioritas penting yang menjadi perhatian oleh Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) setempat.

Kegiatan yang berlangsung di Aula Kantor Bappeda Gumas ini dihadiri oleh Wakil Bupati Gunung Mas, Efrensia LP. Umbing.

Pada pertemuan tersebut, Wakil Bupati Gumas Efrensia LP Umbing mengatakan, ada empat hal yang akan menjadi perhatian semua SOPD. Pertama, dalam rangka optimalkan sisa waktu pada tahun anggaran 2022 ini untuk menyelesaikan dokumen administrasi kegiatan dan tahap-tahap akhir penyelesaian pembangunan fisik, tahun anggaran 2023 APBD sudah didepan mata.

“Terutama itu, menjadi perhatian kita bersama khusus kepada semua SOPD, yakni hal-hal yang tidak efektif dan efisien pada tahun 2022 jangan terulang pada tahun 2023 dan 2024,” ucap Efrensia LP Umbing, belum lama ini.

Kemudian, jelas dia, kepada kepala perangkat daerah, harus dapat optimalisasi waktu yang ada, perintahkan PPTK masing-masing untuk dapat dilakukan lelang dini, sesuai amanat Perpres 12 Tahun 2021.

“Maka segera umumkan RUP pada di aplikasi SIRUP, hal-hal teknis perihal kesiapan Lelang Dini dapat berkoordinasi dengan BKAD dan PBJ,” ujar dia.

Setelah itu, terang Efrensia, kepada PPTK agar dapat berkoodinasi secara aktif dengan bagian PBJ demi percepatan dan optimalisasi pelelangan dan pelaksanaan pembangunan tahun 2023. Kemudian, jelas dia, reviu APIP tidak boleh menjadi kendala pelaksanaan, karena itu menjaga good governance, kendala lebih pada keterbatasan kapasitas APIP itu sendiri.

“Untuk itu Kepada Inspektur, agar dapat melakukan pembinaan APIP, bekerjasama dengan BPKP untuk melakukan quality control atas pelaksanaan reviu APIP, lakukan hal-hal cermat secara efektif dan efisien tanpa mengurangi kualitas reviu,” tukas dia. (nya)

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 

KALTENGNEWS TV 

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *