Dewan Gumas Sampaikan Aspirasi Masyarakat dari Dapil II

 Dewan Gumas Sampaikan Aspirasi Masyarakat dari Dapil II

FOTO : Juru Bicara DPRD Gumas asal Dapil II, Sahriah.

Kaltengnews.co.id – KUALA KURUN – Wakil Rakyat DPRD Kabupaten Gunung Mas asal Dapil II, meliputi Kecamatan Manuhing, Manuhing Raya, Rungan Hulu, Rungan Barat, dan Rungan telah menghimpun sejumlah aspirasi warga di segala sektor, pada reses yang dilaksanakan belum lama ini.

Seperti disampaikan juru Bicara DPRD Gumas asal Dapil II, Sahriah menyampaikan kalangan Legislator Dapil II, diantaranya Akerman S. (Ketua DPRD Gumas); Binartha (Wakil Ketua DPRD Gumas) dan beberapa anggota lainnya belum lama ini telah melakukan reses dalam daerah, guna menyerap sejumlah aspirasi dari masyarakat di wilayah dapil II.

Adapun sejumlah aspirasi yang diterima, diantaranya berkenaan dengan pengangkatan PTT menjadi P3K, secara khusus tenaga guru, karena banyak yang tidak memenuhi syarat pendidikan yang tidak linier dan ijazah belum S1 sehingga tidak masuk di data penerimaan P3K untuk tahun 2022 ini, di mohon kepada Pemda melalui BKPSDM untuk mencari solusi sehingga PTT bisa terakomodir di Tahun 2023.

“Juga perbaikan atau rehab atap Puskesmas Tumbang Talaken. Penempatan Tenaga dokter gigi di Puskesmas Tumbang Talaken, tenaga kesehatan terutama perawat tidak merata sehingga ada desa yang tidak mempunyai tenaga perawat sama sekali dan Insentif untuk dokter umum dan PTT agar dinaikkan,” ucap Sahriah, belum lama ini.

Lalu, ujarnya, Untuk Disdikpora agar memerintahkan operator-operator sekolah baik tingkat SD maupun SMP untuk pro aktif menginput keadaan kondisi sekolahnya untuk dimasukan di data Dapodik. Karena,

masih banyak warga masyarakat yang belum mengurus akta kelahiran dan belum melakukan perekaman KTP.

Kemudian di Kecamatan Manuhing Raya,

Jaringan komunikasi di Tehang belum fungsional meskipun towernya sudah dibangun, Pembangunan Jaringan listrik.

Penyediaan sarana air bersih, Kurangnya tenaga guru di SMP 1 dan SMU 1 Manuhing Raya, serta Jalan lingkungan di Tehang banyak yang rusak dan belum diaspal

Perbaikan jalan menuju Tumbang Samba sepanjang 14 kilometer. Lalu, dari Forum anak membutuhkan peralatan olah raga dan kesenian.

“Pengadaan Sarana dan prasarana beserta mobiler SDN Tumbang Mantuhe, di desa Tumbang Oroi tenaga kesehatan tidak ada sehingga menunggu pelayanan dari desa lain dan Usul pembangunan menara gereja GKE Tumbang Oroi dan Pembangunan Pastori,” tutur dia.

Setelah itu di Kecamatan Rungan Barat katanya, usul pengadaan sarana air bersih di Rabambang, Penyediaan lokasi atau tempat alternative pemakaman umum, penyediaan tempat pembuangan sampah dan alat angkutannya, penyediaan mobil pemadam kebakaran. Kemudian Penyerahan/Hibah jalan desa Jalemu Kajuei dari Kabupaten ke Desa agar segera dibuat.

Juga Pengadaan mobiler SDN 1 Jalemu Raya. Setelah itu ada usul pemasangan jaringan listrik di Tumbang Kuayan, terlebih lagi di Kecamatan Rungan ada usul Gedung SDN 1 Karya Bakti terdapat 4 buah ruangan yang mengalami rusak berat, pengadaan 15 unit Laptop dan usul penempatan guru dari P3K untuk SMP Kristen Jakatan Raya.

“Masyarakat juga meminta penambahan ruang Kantor dan penempatan tenaga guru SDN Tumbang Kajuei lalu ada Normalisasi sungai Rungan dan sungai lainnya untuk mengatasi banjir setiap musim penghujan,” tandasnya. (nya/YS)

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 

KALTENGNEWS TV 

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *