CPP Komoditas Beras Kalteng Sebanyak 1.053 Ton

 CPP Komoditas Beras Kalteng Sebanyak 1.053 Ton

FOTO : Beras yang diperdagangkan di pasar. (Ilustrasi)

Kaltengnews.co.id – PALANGKA RAYA – Menindaklanjuti Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 17 Tahun 2015 tentang Ketahanan Pangan dan Gizi, Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran melalui Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Tengah meminta kepada setiap daerah untuk bisa mempersiapkan Cadangan Pangan Pemerintah (CPP).

Kepala Dinas  Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Tengah, Ir. Riza Rahmadi menyampaikan ketersediaan cadangan pangan pemerintah memang sangat penting untuk dipersiapkan oleh masing-masing daerah, guna menghadapi berbagai kondisi sulit, seperti keadaan darurat bencana alam, stabilisasi harga pangan, menghadapi krisis pangan, gejolak harga pangan, termasuk pula untuk mengantisipasi dampak dari isu resesi ekonomi global yang diproyeksikan oleh sejumlah tokoh ekonomi dunia maupun nasional, apabila itu benar-benar terjadi di tahun 2023 ini.

“Kami berharap kepada seluruh pemerintah daerah di Kalimantan Tengah ini agar saling ‘bergandengan tangan’ untuk bisa memenuhi kebutuhan cadangan pangan pemerintah, utamanya komoditas beras,” ujar Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Tengah, saat dibincangi redaksi Kaltengnews.co.id, Jumat (13/01/2023) siang di ruang kerjanya.

Selanjutnya, Riza juga mengutarakan berdasarkan hasil perhitungan, untuk kebutuhan CPP komoditas Beras, secara keseluruhan di wilayah Kalimantan Tengah, yakni sebanyak 1.053 Ton (se-Kalteng). Jumlah tersebut didapat dari perbandingan jumlah penduduk terhadap konsumsi beras per kapita, melalui rumus perhitungan yang ada.

Khususnya kebutuhan cadangan pangan pemerintah provinsi (Pemprov) Kalteng untuk komoditas beras menargetkan sebanyak 210,6 ton. Dimana, sementara ini sudah terpenuhi 110,6 ton, dan target jumlah tersebut akan segera dipenuhi, penyimpanan ditempatkan di Bulog.

Sementara, kebutuhan CPP untuk komoditas beras di masing-masing daerah kabupaten/kota, selanjutnya akan disesuaikan dengan jumlah penduduk di masing-masing daerah.

“Berdasarkan informasi yang diterima, dari 13 kabupaten 1 kota, 2 daerah diantaranya sudah memenuhi target kebutuhan CPP Komoditas Beras, yakni Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) sebanyak 11.647,56 ton dan Kabupaten Katingan sebanyak 65,565 ton,” imbuhnya.

Riza juga menambahkan kedepan pihaknya juga berharap kepada setiap pemerintah daerah di Kalimantan Tengah ini, supaya dapat mempersiapkan sebuah peraturan daerah (Perda) tentang Cadangan Pangan Daerah. Dimana, Perda tersebut dimaksudkan untuk memastikan masing-masing daerah memiliki Cadangan Pangan.

“Harapannya, ketika masing-masing daerah telah memenuhi kebutuhan CPP, maka diyakini setiap daerah di Kalimantan Tengah ini akan siap menghadapi atau melewati berbagai kondisi sulit,” tandasnya. (YS)

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di sini 👇

KALTENGNEWS TV 

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *