Berikut Tips Pilih Mamin yang Aman

 Berikut Tips Pilih Mamin yang Aman

Ilustrasi

KALTENGNEWS.co.id – SAMPIT – Untuk menjaga kesehatan tubuh tentu harus menjaga makanan dan minuman (mamin) yang dikonsumsi, terutama harus mengetahui kandungan yang terdapat di dalamnya.

“Tips mengenali mamin yang aman yakni warna tidak mencolok, makanan tidak terlalu kenyal, tidak mengandung bahan pengawet dan tidak menunjukkan sudah basi atau kadaluarsa,” sebut Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan (Dinkes) Kotim dr. Noorliyana, Senin 9 Januari 2023.

Selain itu, lanjutnya, sebelum membeli atau mengkonsumsi mamin, hendaknya lihat terlebih dahulu nama atau merk produk, informasi gizi, tanggal kadaluarsa, kandungan bahan dan sertifikasi halal.

Sementara itu Plt Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kotim Susiawati juga mengimbau kepada sekolah agar dapat menerapkan hal tersebut, terutama ketika ada pedagang-pedagang yang ingin berjualan di sekitar sekolah.

“Hendaknya pihak sekolah melihat dulu apakah makanan ini aman atau tidak, jika aman dan memungkinkan untuk berjualan di sekolah maka bisa diperbolehkan. Kalau ada indikasi tidak aman, harap dihindari,” ucapnya.

Ia tidak ingin kasus tahun lalu (sejumlah pelajar keracunan setelah mengkonsumsi makanan yang dijual pedagang di sekitar sekolah) terjadi kembali. Karena tentunya hal itu akan merugikan sekolah, peserta didik bahkan mengurangi rasa percaya orang tua terhadap lembaga pendidikan untuk menjaga anak mereka.

“Kita harapkan sekolah dapat memberikan rasa aman dan nyaman kepada peserta didik kita selama mereka berada di sekolah,” pungkasnya. (Ky)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!